Pilih Lokal Aja: Ulikids Indonesia, Tak Lagi Pandang Bisnis Online Sebelah Mata

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 4 Maret 2021 | 15:28 WIB
Pilih Lokal Aja: Ulikids Indonesia, Tak Lagi Pandang Bisnis Online Sebelah Mata (Ulikids Indonesia)

 

NOVA.id – Saat belanja di toko online, kadang kita kesusahan mendapatkan kualitas yang baik termasuk saat mencari pakaian anak.

Kebanyakan toko masih menomorsatukan harga murah sehingga kualitas menjadi nomor dua.

“Padahal pakaian anak itu harus mengedepankan kualitas. Bahannya mesti nyaman saat dikenakan, bisa menonjolkan ciri khas mereka sebagai anak-anak, dan modelnya pun jangan begitu-begitu saja,” kata Rijel Simanulang, pemilik Ulikids Indonesia, produsen pakaian anak usia 1-12 tahun.

Baca Juga: UMKM Bangkit di Masa Pandemi Lewat Pelatihan Online Digital Marketing

Cute, fashionable, cocok untuk aktivitas anak, bahan berkualitas tinggi, sehingga aman dan nyaman dikenakan anak adalah pertimbangan Rijel dalam memproduksi pakaian anak.

Dia juga bermain dengan variasi design printing dan bordir, sehingga pakaian-pakaian buatan Ulikids menjadi unik, lucu, dan menggemaskan. 

Rijel sebetulnya sudah lama memproduksi pakaian anak, tapi baru setahun lalu dia membuka toko daringnya.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Pinjaman Online Terpercaya dengan Pinjol Bodong

Ulikids (Ulikids )

Awalnya, dia ogah melirik bisnis daring yang dianggapnya ribet ini.

Rijel lebih menyukai cara konvensional, yakni memasarkan lewat toko offline.

Bisnis offline Rijel ini juga termasuk melayani merek-merek ternama yang masuk ke mall-mall besar.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Modal untuk Membangun Bisnis: Dari Ikut Lomba Hingga Ambil Pinjaman

Namun krisis akibat pandemi memukul usahanya, satu per satu pelanggannya menyetop pembelian.

Reseller-resellernya dari luar kota tak lagi mengambil barang darinya, bahkan omzet dari maklun pun menurun seiring dengan seretnya penjualan merek-merek kliennya.

Barang-barang produksi Rijel kian menumpuk di gudang.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan Tanpa Pakai Jasa Influencer

Saat itulah dia mulai mempertimbangkan pemasaran secara daring.

Awal Maret 2020, hanya beberapa minggu menjelang bulan puasa dan lebaran, Rijel mulai memasarkan pakaian anak produksinya via marketplace.

“Hasilnya tak disangka-sangka. Dalam waktu dua bulan saja, kami berhasil meraup omzet hingga Rp 1 miliar. Memang lebih kecil kalau dibandingkan dengan penjualan offline dulu, tapi pencapaian ini membuat saya berpikir, bahwa bisnis daring ini layak untuk diseriusi,” kata Rijel.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Cara Mengajukan Pinjaman Modal untuk Mengembangkan Usaha

Rijel pun mematenkan Ulikids sebagai mereknya untuk pakaian anak.

Kini, Ulikids memiliki toko resmi di sejumlah marketplace terkemuka, selain juga melakukan promosi dan pemasaran melalui akun resmi mereka di Instagram, @ulikids.shop.

Rijel, yang juga arsitek, mendesain dan memproduksi sendiri pakaian anak di Ulikids.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Terinspirasi dari Drakor Reply 1988, THENBLANK Rilis Koleksi Terbaru The Pals

 

 

Dibantu timnya, Rejal memproduksi hingga ribuan potong per bulan.

Saat ini, Ulikids baru membuat pakaian untuk anak perempuan, seperti dress dan gamis, tapi dalam waktu dekat akan diluncurkan pula lini pakaian untuk anak laki-laki.

“Saya punya banyak keponakan perempuan. Merekalah salah satu sumber inspirasi saya dalam mendesain. Setiap mereka ulang tahun, saya selalu menghadiahi mereka dengan pakaian produksi saya sendiri. Saya juga selalu memantau tren fashion anak di Indonesia,” aku Rijel.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: 1 Hal Penting yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha untuk Jalankan Bisnis

Tak hanya menjual pakaian ready stock, Ulikids juga melayani pesanan custom. Pelanggan boleh memesan untuk dibuatkan pakaian anak sesuai dengan keinginan masing-masing.

“Kami akan tawarkan dulu beberapa option pakaian yang ready stock, tapi kalau masih belum sreg juga, baru kami tawarkan untuk pesan custom. Bahannya bisa dari kami, bisa juga dari mereka,” tuturnya.

Rijel menyadari, meski secara omzet bagus, Ulikids terbilang merek baru, sehingga masih perlu menggenjot promosi. Oleh karena itu, target terdekat Rijel saat ini adalah memperkuat branding Ulikids sebagai pakaian anak berkualitas premium.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Kisah Mega Puspita Berhasil Bawa Studio Dapur Sampai New York

“Dalam waktu dekat, kami akan menggelar flash sale besar-besaran sebagai upaya branding Ulikids. Momennya, juga tepat, mendekati hari raya,” katanya mengakhiri perbincangan.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)