TikTok Prediksi Tren Pengguna di Indonesia Selama Bulan Ramadan Kelak

By Widyastuti, Jumat, 19 Maret 2021 | 23:20 WIB
TikTok Prediksi Tren Pengguna di Indonesia Selama Bulan Ramadan Kelak (dok. TikTok)

NOVA.id - Ramadan merupakan momen yang dinantikan sebagian besar masyarakat Indonesia, karena sarat dengan semangat kebersamaan dan berbagi.

TikTok, platform distribusi video singkat, berbagi hasil survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok yang terangkum dalam laporan "TikTok Ramadan Insight 2021".

Insight ini akan memberikan referensi bagi para brand dan UKM untuk menjangkau target audiens dan konsumen yang kreatif serta 'engaged' dengan memanfaakan momentum Ramadan di TikTok.

Baca Juga: ShopeePay Dukung Kiprah Pebisnis Perempuan Lewat Teknologi Digital

Menurut data dari Kantar, sejak tahun lalu pandemi Covid-19 berdampak pada masyarakat dalam merayakan Ramadan.

Ramadan dirayakan dengan lebih sederhana, yang lebih fokus pada ibadah dan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dengan penyampaian sosialisasi yang berbeda-beda.

"Dari sisi konsumen, orang-orang Indonesia menerapkan pengaturan prioritas atas pengeluaran pada saat ramadan; bahan makanan segar dan produk konsumen menjadi prioritas utama mereka.

Para brand dan pelaku usaha memiliki peluang untuk memanfaatkan berbagai platform digital dalam berkomunikasi dengan target publiknya, seperti inspirasi berbagi, kegiatan di rumah dan kisah humanis lainnya," kata Fanny Murhayati, Marketing Director, Kantar Indonesia.

Baca Juga: 4 Kondisi Sabun Kewanitaan Boleh Dipakai untuk Membersihkan Miss V