Bantu UMKM Go Digital, Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2021

By Tentry Yudvi Dian Utami, Senin, 22 Maret 2021 | 10:22 WIB
Bantu UMKM Go Digital, Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2021 ()

NOVA.id – Di masa pandemi Covid-19 ini, UMKM memang disarankan untuk menggunakan jasa digital untuk pemasaran.

Dengan adanya pemasaran secara digital, tentu saja akan mempermudah UMKM untuk bertemu berjualan dan pelanggan pun akan merasa nyaman dan aman.

Oleh sebab itu, Bank Indonesia menggandeng dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menghadirkan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 kembali berlanjut pada Rabu (18/03).

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Dapatkan Cashback Voucher Game UniPin di ShopeePay!

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengungkapkan program ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempercepat pemanfaatan pemasaran digital oleh UMKM melalui pemberian edukasi untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian UMKM dalam pemasaran digital.

Selain itu program ini memfasilitasi UMKM untuk onboarding di berbagai media pemasaran online sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik usahanya.

“Pada tahun ini, Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM dilaksanakan dengan target peserta yang lebih luas, serta fasilitasi dan pendampingan yang lebih intensif. Program ini melibatkan 600 peserta UMKM Binaan maupun Non Binaan dari 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Program terdiri dari edukasi, pendampingan/mentoring, serta monitoring oleh BI dan IdEA,” ujar Yunita.

Baca Juga: Rayakan Anniversary, Styles Tawarkan Royalty Program untuk Member

“Kami berharap, program ini dapat memberikan bekal bagi UMKM untuk go digital, tidak hanya di masa pandemi, tetapi juga untuk terus berkembang dalam era The New Normal Economy, pasca pandemik,” katanya menambahkan.

Sejalan dengan Bank Indonesia, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Odo R. M. Manuhutu berharap program ini bisa membuat UMKM lebih maju dan membuka akses pasar di dalam dan luar negeri.

“Tahun 2025 mendatang digital economy kita akan mencapai Rp. 1.500 triliun berdasarkan data, jadi UMKM harus memanfaatkan digital platform yang ada. Apalagi UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian baik di masa krisis ataupun masa normal,” ujar Odo.

Baca Juga: TikTok Prediksi Tren Pengguna di Indonesia Selama Bulan Ramadan Kelak

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk edukasi, tercerahkan dan bisa memanfaatkan ruang digital.  Mari kita berkolaborasi, berinovasi dan menguasai pasar dalam dan luar negeri. UMKM Indonesia pasti bisa beradaptasi,” katanya menegaskan. 

Arshi Adini Executive Director Asosiasi E-comerce Indonesia (idEA) menjelaskan ada tiga tahap pelatihan dalam Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021 yakni monitoring output, onboarding engagement dari penggunaan social media dalam bisnis UMKM dan grup mentoring dengan praktisi. 

“Total Onboarding UMKM tahun 2020 mencapai 3.823.256 UMKM dan hingga Januari 2021 yang sudah go-online melalui Bangga Buatan Indonesia mencapai 4.300.878. Untuk tahun ini fokus kami adalah meningkatkan kualitas dan transaksi,” ujar Arshi Adini.

Baca Juga: Coway Pilih BTS Sebagai Brand Ambassador untuk Kampanye Global

“Ada 811 pendaftar untuk mengikuti program tahap 1 ini tetapi setelah dikurasi hanya 600 peserta yang akan mendapatkan pelatihan.  Kami berharap bisa melahirkan UMKM sukses baru dari pelatihan ini.”

Dalam acara pembukaan Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM 2021 juga menghadirkan Tommy Arno Funz, Founder Akademi Facebook EFBI19 untuk langsung memberikan webinar sesi pertama dengan tema “Temukan Customermu Dengan Riset Digital.”

Rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 masih akan berlangsung hingga tanggal 31 Maret 2021 mendatang. Di mana pada tanggal 24 Maret 2021 akan digelar beragama acara seperti Talkshow Desa Wisata Bilebante “Ikon Andalan Baru Wonderful Indonesia” pada pukul 08.30 WIB.

Baca Juga: Walau Masih Pandemi, The Plaza Semanggi Rayakan HUT dengan Aman

Kemudian dilanjutkan dengan Pagelaran Karya Kreatif dan Dialog Interaktif “Pesona Lombok Mendunia” pada pada pukul 15.00 WIB sekaligus sebagai pembukaan pameran fisik pameran produk UMKM Unggulan BaliNusra yang akan dilaksanakan hingga Minggu 28 Maret di Fountain Atrium West Mall lantai 3A Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*