Jakarta Sweet Ramadan, Kolaborasi Unik Antara Kuliner Lokal dengan Fashion

By Tentry Yudvi Dian Utami, Rabu, 5 Mei 2021 | 06:00 WIB
Jakarta Sweet Ramadan ()

NOVA.id - Selama pandemi Covid-19 banyak bisnis terkena imbasnya, tak terkecuali fashion. 

Oleh sebab itu, dua perempuan entrepreneur, Franka Soeria, co-founder dari #MARKAMARIE dan Najla Bisyir, founder Bittersweet by Najla ingin menyemangati pasar yang sedang lesu karena pandemi dengan Jakarta Sweet Ramadan.

Event yang yang digelar tanggal 30 April secara hybrid(online/offline) ini adalah acara fashion dengan semangat kolaborasi antar industri kreatif: fashion dan kuliner

Baca Juga: Blazer yang Wajib Ada di Lemari Pakaian, Cocok untuk Semua Acara!

Seperti kita ketahui, keadaan pandemi yang tak menentu selama lebih dari 1 tahun ini, telah menghantam industri kreatif baik fashion maupun kuliner. Ada sebagian brand-brand yang mampu bertahan, tapi banyak juga yang kemudian collapse. 

Dibandingkan fashion, industri kuliner masih bisa bertahan dengan jauh lebih baik. 

Bittersweet by Najla adalah salah satu brand kuliner yang muncul menjadi bintang. Brand yang dipimpin oleh Najla Bisyir ini bukan hanya mampu menghadirkan dessert box (kue) yang lezat saja, namun cara komunikasi dan promosinya yang begitu hidup membuatnya dianggap sebagai salah satu brand urban paling hype dan diminati banyak orang. 

Baca Juga: 5 Cara Tampil Stylish Saat Lebaran Tanpa Bikin Kantong Jebol

Sementara #MARKAMARIE yang selama ini berperan sebagai pendukung brand fashion melalui inovasi dan programnya yang out of the box juga tak pernah berhenti berusaha memajukan fashion dari segala sisi. 

Ide Jakarta Sweet Ramadan ini sederhana 7 brand fashion akan tampil melakukan fashion show dan talkshow, namun yang spesial acara ini ditayangkan di sosial media Bittersweet by Najla yang memiliki jutaan followers baik di Instagram maupun Tiktok.

Melalui acara ini, mereka ingin merekomendasikan brand-brand fashion Indonesia kepada followers Bittersweet di sosial media.

Baca Juga: Rekomendasi Baju Anak yang Aman dan Nyaman Dipakai Sehari-hari

Di masa yang serba terbatas ini, fashion show digital memang menjadi pilihan banyak orang.

Dunia digital menjadi salah satu tumpuan utama untuk mempromosikan produk. Event Jakarta Sweet Ramadan adalah ide baru yang dianggap efektif dan praktis.

Ide baru ini disambut baik, brand-brand fashion ternama Indonesia kemudian berpartisipasi; Kami Idea, Dauky Hijab hingga Wearing Klamby.

Baca Juga: Rekomendasi Tas Lokal Langganan Artis yang Bisa Bikin Penampilan Kamu Stylish

Brand hijab Dauky bahkan menampilkan koleksi yang terinspirasi dari warna dessert box Bittersweet by Najla. Menandakan semangat kolaborasi tak henti di masa yang penuh dengan tantangan. 

Selain ketiga brand besar itu, acara ini juga mengikut sertakan 3 brand baru yaitu Restu Pratiwi, Farghani dan Cremee.co, serta brand sport hijab Malaysia ternama Innersejuk.

Brand fashion yang dihadirkan menampilkan beragam gaya yang merepresentasikan kekayaan dunia fashion; dari gaya kasual, sporty, pesta hingga urban.

Baca Juga: Batik Tulis dengan Emas Murni, Makin Bangga Pilih Lokal Aja!

Tren berlebaran di rumah saja membuat para brand membuat baju-baju yang nyaman dipakai. Fashion show juga akan menampilkan kue-kue dan hampers lebaran terbaru dari Bittersweet by Najla.

“Semua orang terdampak pandemi, yang kita bisa lakukan adalah berkolaborasi. Indonesia kuat karena punya semangat gotong royong.

Melalui event Jakarta Sweet Ramadan, kita ingin menunjukan kalau industri fashion dan F&B bisa berdampingan saling mendukung satu sama lain,” ujar Franka Soeria, co-founder #MARKAMARIE. 

“Insyaallah Fashion Show ini memiliki hal yang unik dan berbeda sehingga punya valuenya sendiri dan tetap memberikan manfaat. Keindahan dari Cake dipadukan dengan fashion? Why not? Aku rasa masyarakat memang butuh hal yang baru untuk meningkatkan kreativitas dimasa pandemi ini" jelas Najla Bisyir, founder dari Bittersweet by Najla.Baca Juga: Contek Inspirasi Gaya Mix and Match Hijab Kekinian dan Stylish Ini

Tika Mulya, Brand Development Manager (BDM) dari brand Dauky, mengatakan, “Kami sangat senang karena Fashion Show ini merupakan event pertama Dauky di tahun 2021.

Selain itu, kolaborasi antara fashion dan food ini merupakan suatu hal baru dan menarik, terlebih koleksi Dauky Vintory ini terinspirasi dari gaya ratu Victoria dan memiliki makna kemenangan. Warna-warna baju kami, diselaraskan dengan warna kue dari Bittersweet by Najla,”

“Kami senang sekali bisa berpartisipasi di acara Jakarta Sweet Ramadan, di mana ini merupakan pertama kalinya acara fashion show yang diadakan di sebuah Dessert Shop.

Baca Juga: Contek Inspirasi Gaya Mix and Match Hijab Kekinian dan Stylish Ini

Konsep acara yg diadakan oleh Bittersweet by Najla sebagai pionir dessert cake di box ini menarik sekali, yakni menggabungkan food & fashion menjadi sebuah persembahan manis untuk publik. Kami senang bisa menjadi salah satu brand yang ikut meramaikan acara ini, dan harapannya koleksi yang Kami tampilkan bisa menjadi pemanis rangkaian acara Jakarta Sweet Ramadan,” Istafiana Candarini founder Kami Idea memberikan komentarnya tentang acara ini.

Mewakili brand pendatang baru, Restu Pratiwi yang menampilkan gaya urban berkomentar, “Fashion show kali ini sangat berbeda dengan acara fashion show biasanya karena fashion akan bersama di satu panggung dengan kuliner. Ini merupakan kolaborasi yang sangat langka dan mungkin kita  jarang akan menemui acara fashion show seperti ini lagi,” 

Pendapat Restu juga diamini brand fashion syari Farghani, “Sebuah kebanggaan bagi Farghani untuk bisa ikut berpartisipasi dlm event ini. Kolaborasi yang unik dan smart , antara seni dan bisnis. Strategi marketing baru, yang luas  lagi untuk sebuah product khususnya fashion,”

Baca Juga: Peringati Hari Bumi, Brand Lokal THENBLANK Rilis Koleksi Terbaru Bertajuk Membumi

Kehadiran brand Malaysia INNERSEJUK bertujuan untuk menggaungkan betapa kolaborasi di masa pandemi bisa menembus batas negara, “Ini pertama kalinya brand Innersejuk bisa ditampilkan di Indonesia dan kami sangat bangga bisa berada di acara ini. Kami berharap brand kami bisa menjadi solusi bagi wanita Muslimah Indonesia; cantik, cool dan nyaman dengan produk Innersejuk,” ujar Azrul Izzam, CEO INNERSEJUK.

Selain fashion show, event Jakarta Sweet Ramadan ini juga menampilkan talkshow Entrepreneurship di Ramadan bersama founder brand Wearing Klamby Nadine Gaus dan Ridho Jufri dan berbagai giveaway menarik yang diadakan online dan offline. 

Jakarta Sweet Ramadan digelar tanggal 30 April 2021 secara offline di Bittersweet by Najla (dengan penonton terbatas) dan online di Instagram & TikTok Bittersweet by Najla.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)