3 Karakteristik K-Beauty yang Bisa Jadi Inspirasi Kecantikan Kita

By Dionysia Mayang Rintani, Rabu, 16 Juni 2021 | 11:33 WIB
3 Karakteristik K-Beauty yang Bisa Jadi Inspirasi Kecantikan Kita (istock)

NOVA.id – Tak hanya lewat musik atau kulinernya saja, budaya Korea Selatan juga membawa K-Beauty dalam hidup sehari-hari kita.

K-Beauty menjadi acuan industri kosmetik di dunia, tidak terkecuali industri kosmetik di Indonesia.

Dalam meningkatkan industri kosmetik lokal, pemerintah bahkan mengajak merk-merk kecantikan lokal di Indonesia untuk terinspirasi dari K-Beauty tanpa menghilangkan identitas asli kosmetik Indonesia.

Baca Juga: Atasi Permasalahan Kulit dengan Solusi yang Tepat, Begini Tipsnya

Sebagai bentuk dukungan untuk menginspirasi berbagai merk kecantikan lokal di Indonesia, PT Cosmax Indonesia sebagai manufaktur kosmetik asal Korea Selatan di Indonesia memperkenalkan istilah H.Y.B.R.I.D – Hibrida, Young, Be Quick, Reasonable, Idol, Derma.

Beberapa karakteristik yang mendefinisikan K-Beauty di antaranya ialah Hybrid / Hibrida, Young, dan Be Quick.

Tiga karakter ini dianggap sebagai karakteristik awal yang membuat K-Beauty mudah diterima masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Rasakan Khasiat Rangkaian Skincare Secara Personal dari Kiehl's Ini

Karakteristik Hibrida atau Hybrid, merupakan inovasi penggabungan dua elemen makeup & skincare dalam satu produk kecantikan.

Produk Hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit.

Jenis produk hibrida dapat berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer, hingga decorative makeup seperti eyelash serum mascara, tinted lip balm, lip tint serum, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Penyebab Kulit Kepala Gatal Selain Ketombe dan Cara Mengobatinya

Inovasi ini dipopulerkan oleh K-Beauty, dan menjadi semakin populer terutama di masa pandemi covid-19.

Hal ini terjadi karena kebutuhan serta keinginan pasar terhadap produk yang mempercantik wajah, merawat, serta menjaga kulit semakin tinggi, terlebih karena penggunakan masker sehari-hari.

Di Indonesia yang memiliki cuaca panas dan lembap, produk kecantikan yang tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan tidak menyumbat pori-pori sangatlah diminati.

Baca Juga: Rekomendasi Liptint Lokal, Kualitas Terjamin dengan Harga Terjangkau

Hal ini membuat produk dengan inovasi hibrida mulai dicari oleh konsumen, sehingga diperlukannya adaptasi dari berbagai merk kecantikan lokal untuk membuat produk dengan inovasi terkini layaknya produk K-Beauty.

Saat ini, beberapa merk kecantikan lokal yang telah terinspirasi untuk memproduksi produk kecantikan hibrida dan terbilang sukses menembus pasar kosmetik Indonesia.

K-Beauty juga dikenal karena karakteristik Young, yang menggambarkan keceriaan, keunikan, minimalis, dan kesan muda.

Baca Juga: Pakai Makeup Saat Olahraga? Terapkan Tips Ini agar Tak Mudah Luntur

Hal ini tercerminkan pada jenis dan fungsi produk yang cenderung disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pasar segmentasi usia muda.

Misalnya, kemasan yang unik, menarik, tapi tetap simpel dan nyaman digunakan dan pemilihan warna, tekstur, dan aspek formulasi lainnya yang menunjukkan kesan enerjik, ceria, dan kesan muda.

Karakter ini juga memiliki kesinambungan dengan karakteristik K- Beauty lainnya yakni Be Quick, yang mencerminkan kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk kecantikan.

Baca Juga: Jadi Tren Skincare, Ini Manfaat dan Fungsi Kolagen untuk Kecantikan

 

 

Karakterisitk K-Beauty berupa Young dan Be Quick sangat tepat apabila diterapkan dalam mengembangkan kosmetik di Indonesia, mengingat pasar kosmetik Indonesia saat ini didominasi oleh millenials (Gen Y) dan Gen Z dengan usia cenderung muda.

Pasar kosmetik Indonesia yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan mengedepankan kepraktisan juga membuat pentingnya nilai Be Quick untuk diadaptasi.

Saat ini, berbagai merk kecantikan Indonesia telah mengadaptasi kesan enerjik nan muda, serta kecepatan dan kemudahan dalam menggunakan produk.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Lensa Kontak yang Baik dan Benar agar Tak Sebabkan Mata Iritasi

Namun, industri kosmetik Indonesia masih banyak tertinggal dalam segi kemasan, yang mana saat ini beberapa merk masih menggunakan kemasan yang terkesan kuno dan kaku.

Inovasi dalam kemasan yang telah dilakukan K-Beauty seperti eco-packaging juga masih belum terlihat memasuki pasar kosmetik Indonesia, sehingga perlu sekali bagi pelaku dalam industri kecantikan untuk mengadaptasi inovasi terkait dalam menciptakan produk berkualitas tinggi layaknya produk K-Beauty.

Dalam rangka mendukung kemajuan industri kecantikan lokal Indonesia, PT Cosmax Indonesia berkomitmen dan menjamin dapat memproduksi makeup dan skincare berkualitas tinggi dengan karakteristik K-Beauty yang tepat bagi merk-merk kosmetik lokal.

Baca Juga: Rekomendasi Body Mist dari Brand Lokal dengan Harga Terjangkau

Kemampuan PT Cosmax Indonesia dalam memproduksi produk kosmetik yang terinspirasi dengan karakteristik K-Beauty telah dibuktikan dengan kehadiran berbagai produk Hybrid, Young, dan Be Quick seperti BLP Beauty x Avoskin Tinted Sunscreen, Joylab Skintone Moisture Tint - Tinted Moisturizer, dan lain sebagainya.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)