Tabloid NOVA Edisi 1740: Mengenal Sistem Pembayaran Cash On Delivery

By Alsabrina, Minggu, 27 Juni 2021 | 20:33 WIB
(Ilustrasi) Sistem COD (iStockphoto)

NOVA.id - Beberapa bulan belakangan sistem pembayaran cash on delivery (COD) saat belanja online ramai dibicarakan.

Bahkan, video tentang COD yang berujung masalah sering kali viral. Banyak kurir jadi sasaran amuk pembeli, yang kecewa karena barang yang diterima tak sesuai harapan.

Tak hanya menolak membayar, pembeli dalam video viral itu merasa tidak puas dengan barang yang dipesan dan mengancam kurir.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Jadi Caregiver, Tasya Kamila Tak Ingin Sedih di Depan Randi Bachtiar

Ada yang mengumpat kasar, menolak membayar, hingga menodongkan senjata tajam.

Terakhir, peristiwa pembeli mengancam kurir COD kembali terjadi di Kresek, Tangerang, Banten.

Dalam video viral yang diunggah akun Instagram @info.banten (16/6), memperlihatkan pembeli membentak dan mengancam akan memborgol kurir yang mengantar barang yang dibelinya.

Baca Juga: Cover Tabloid NOVA Terbaru: Perankan Raya di Film Disney Terbaru Jadi Impian Mikha Tambayong Sejak Kecil

Edukasi Sistem COD

Kasus kurir diamuk pembeli akibat transaksi COD, menurut Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia karena masyarakat dinilai belum memahami dengan jelas sistem pembayaran COD, sehingga menimbulkan kesalahpahaman antara pembeli dengan kurir yang mengantar barangnya.

"Perlakuan tidak menyenangkan pembeli yang memilih metode pembayaran COD kepada kurir, menunjukkan masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap transaksi secara digital," ujar Ferry seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/6).

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Pengalaman Mikha Tambayong Isi Suara Karakter Animasi Keluaran Disney dan Tasya Kamila Jadi Caregiver

Sementara itu, Tulis Abdi, Ketua Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI), menyebut bahwa dari kasus-kasus yang terjadi rasanya diperlukan edukasi kepada konsumen agar dapat memahami sistem COD lebih baik lagi.

Lantas, bagaimana sebenarnya mekanisme dari sistem COD ini?

Sebelum ramai dipraktekkan di marketplace, sistem COD biasanya dipakai untuk transaksi personal, antara penjual dan pembeli secara langsung.

Baca Juga: Resep Tabloid NOVA Seminggu: Bola Ayam Jagung Saus Bangkok yang Menggoda Selera

Jadi pembeli yang tertarik langsung kontak penjualnya, membuat kesepakatan, janjian ketemu untuk melihat barangnya, baru terjadi transaksi pembayaran setelah pembeli setuju dengan barang yang sudah dilihatnya.

Sistem COD seperti ini masih dilakukan sebagian penjual yang menjual barangnya media sosial seperti Facebook dan Instagram, dan beberapa platform jual-beli online lainnya.

Namun, di beberapa marketplace seperti Shopee dan Blibli misalnya, skema COD-nya memang berbeda.

Marketplace menggunakan jasa pengantaran untuk menyampaikan barang penjual ke pembeli, sehingga kedua pihak tak bertemu langsung. Sebagai gantinya, kurir yang mengantarkan barang pesanan pembeli.

Baca Juga: Resep Tabloid NOVA Seminggu: Kebab Meat Lover Quesadilla Jadi Santapan Enak untuk Keluarga

Pola Transaksi

Pola transaksi pun berbeda, Blibli dan Shopee misalnya, menerapkan aturan bahwa pembeli tak bisa membongkar kemasan sebelum membayarnya lebih dulu kepada kurir.

Mungkin ini yang akhirnya kerap menimbulkan komplain dari pembeli yang menolak bayar karena pesanan tak sesuai.

Jadi apa yang harus dilakukan pembeli jika ingin komplain?

Rupanya, meski meminta pembeli membayar dulu barang yang dibeli lewat kurir, marketplace tetap memberi ruang kepada pembeli yang akan komplain jika barang pesanannya tak sesuai.

Baca Juga: Tabloid NOVA Edisi 1739: Manfaat Lip Balm Selain untuk Melembapkan Bibir

Caranya dengan menuliskan komplain pada fitur yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Seperti dikutip dari Kompas.com, marketplace tetap melindungi hak pembeli dengan tidak meneruskan uang yang sudah dibayarkan ke penjual tanpa persetujuan pembeli.

Bahkan jika komplain diterima, pembeli akan menerima kembali uang yang dibayarkan atau mendapat barang pengganti.

Jika kesepakatan tidak tercapai antara penjual dan pembeli, maka customer care dari marketplace akan menginvestigasi keluhan konsumen.

Tentu saja akan diambil jalan keluar seadil mungkin sesuai aturan di marketplace.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Lesti Kejora dan Rizky Billar Sudah Siapkan Lamaran dari Awal Tahun, Iqbaal Ramadhan yang Merasa Sentimen dengan New York

Tips Berbelanja COD

1. Pastikan membeli dari toko yang terpercaya.

2. Bertanya kepada penjual soal produk yang akan dibeli sebelum transaksi.

3. Lihat ulasan produk dan ulasan toko untuk memastikan kredibilitas penjual.

4. Cek kembali barang belanjaan sebelum checkout, bisa jadi kita sebagai pembeli yang salah pilih.

5. Siapkan pembayaran sesuai jumlah tagihan untuk memudahkan kurir.

Baca Juga: Kesehatan Tabloid NOVA Terbaru: Benarkah Keringat Saat Olahraga Jadi Tanda Bakar Kalori Lebih Banyak?

 

 

6. Buatlah foto dan video unboxing saat membuka paket sebagai bukti bila ternyata isi paket tidak sesuai pesanan.

7. Bila ada ketidaksesuaian paket dalam pesanan, segera mengajukan komplain langsung ke penjual.

Nah, sudah cukup paham kan soal aturan COD saat belanja online? Semoga tak kapok dan tetap berhati-hati ya.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)