Bantu Pasien Isoman, Imam Darto Berbagi Virus Kebaikan di Masa Pandemi

By Yussy Maulia, Kamis, 22 Juli 2021 | 12:03 WIB
Dialog Produktif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Disiarkan melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (21/7/2021). (Dok. KPC PEN)

NOVA.id - Selebritas sekaligus komedian Imam Darto berinisiatif melakukan kebaikan di masa pandemi dengan membagikan makanan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri selama sepuluh hari penuh.

Ia membagikan kisah mengenai inisiatifnya tersebut dalam acara Dialog Produktif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (21/7/2021).

"Banyak yang mengirimkan pesan ke saya minta tolong karena kesulitan mencari rumah sakit, ruang ICU, tabung oksigen. Akan tetapi, yang paling banyak adalah mencari donor plasma darah," papar Imam dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7/2021).

Sebagai penyintas Covid-19, Imam Darto tergerak untuk membantu para pasien tersebut. Menurutnya, salah satu cara untuk melawan Covid-19 adalah dengan berbuat kebaikan.

Baca Juga: Ekonomi Membaik, Penyerapan Dana PEN Sudah Capai Rp 237,4 Triliun

"Saya dan salah satu restoran lalu membuat gerakan memberi makan sepuluh pasien isolasi mandiri selama sepuluh hari, untuk makan siang dan malam mereka," ujarnya.

Melalui gerakan tersebut, Imam berharap, pasien yang melakukan isolasi mandiri tersebut  dapat membantu mendonorkan plasma darah kepada pasien yang membutuhkan ketika sudah sembuh.

Imam pun menegaskan, prinsip kebaikan di masa pandemi dapat menjadi penguat bagi mereka yang sakit terpapar Covid-19.

"Kita juga harus menularkan virus kebaikan agar banyak yang sembuh dan kekebalan tubuhnya naik. Minimal kalau tidak bisa berbuat sesuatu yang sifatnya materi, bisa sedekah senyum," tandas Imam.

Baca Juga: Begini Cara Cek Daftar Penerima Bansos Tunai yang Cair Juli 2021

Pandemi tidak padamkan semangat berbagi

Tak hanya itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatat bahwa semangat gotong royong masyarakat Indonesia juga tidak padam di tengah pandemi.