Apa yang Harus Dilakukan Ibu Menyusui jika Positif Covid-19?

By Dinni Kamilani, Minggu, 22 Agustus 2021 | 10:01 WIB
ilustrasi - Ibu Menyusui (Istock)

NOVA.id - Di masa pandemi seperti sekarang ini, memastikan dukungan dan perlindungan yang baik bagi ibu menyusui untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada si kecil menjadi hal yang sangat penting.

"Bagaimanapun, ASI merupakan nutrisi terbaik yang paling penting, yang menjadi sumber pertahanan tubuh dan juga stimulasi bagi si kecil sejak dini," kata Nia Wulan Sari, dokter Umum Konselor Laktasi di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Bayi yang tidak mendapat ASI memiliki risiko lebih mudah sakit dibandingkan bayi yang mendapat ASI.

Baca Juga: Siklus Menstruasi Tidak Teratur? Waspadai Bisa Jadi Gejala PCOS

Kata Nia, kandungan pada ASI dapat memberikan antibodi pada si kecil yang membantunya terhindar dari infeksi saluran napas (ISPA), diare, infeksi telinga, serta berbagai penyakit lainnya. Bayi yang tidak mendapat ASI juga lebih berisiko untuk mengalami obesitas.

Kondisi pandemi di Indonesia yang masih belum terkendali mengakibatkan semakin banyaknya ditemukan ibu menyusui yang terinfeksi Covid-19.

Kondisi tersebut pun memunculkan dilema, haruskah kegiatan menyusui diteruskan atau dihentikan? Adakah risiko si kecil dapat tertular Covid-19 dari sang ibu akibat proses menyusui?

Baca Juga: Ukuran Payudara Berbeda Antara Kanan dan Kiri? Ini Penjelasan Ahli