7 Tips Mudah Berinvestasi dengan Modal Gaji UMR, Simak yuk!

By Widyastuti, Sabtu, 28 Agustus 2021 | 08:56 WIB
Ilustrasi menyimpan uang untuk investasi (istock)

 

NOVA.id - Masa gajian sudah dekat, bahkan mungkin beberapa di antara Sahabat NOVA sudah mulai mendapatkan transferan di rekening. Sayangnya, setiap kali masa gajian menjelang, masa promo di berbagai platform juga tiba.

Kalau tidak mampu mengelola keuangan, promo bisa berhasil membuat kalap dan sibuk check-out barang-barang yang sebelumnya sudah ditempatkan di keranjang e-commerce.

Padahal, selain berbelanja kebutuhan sehari-hari, investasi juga kini menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Hanya saja, terkadang investasi seringkali dinomorduakan karena dianggap terlalu mahal dan tidak cocok untuk pekerja bergaji UMR. Tapi, apakah iya? 

Baca Juga: Viral di 2021, Skincare Lokal Glowinc Potion Kampanyekan Tolak Diskriminasi Kecantikan

“Sebenarnya gaji UMR dan bukan UMR bukan masalah. Investasi itu earlier you do better,” kata Raymond Sutanto Co-Founder Zipmex Indonesia.

Menurutnya, yang penting adalah niat untuk berinvestasi sedini mungkin secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, ia membagikan tujuh tips yang bisa digunakan untuk berinvestasi dengan modal gaji UMR.

1. Tentukan Tujuan

Niat tentu tidak akan terpancang kuat kalau Sahabat NOVA tidak punya tujuan. Untuk memberikan dasar yang kuat pada niat dan membuat kita semakin yakin dalam berinvestasi, kita harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuannya bisa apa saja, tergantung apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. 

Misalnya, kita berencana membeli rumah dalam kurun waktu 5 tahun mendatang, membeli motor tahun depan, atau bahkan pensiun dini. Apa pun alasannya tidak masalah, yang penting tujuan tersebut masuk akal dan tidak di luar nalar serta berkaitan dengan finansial. Tetapkan pula jangka waktu yang diinginkan, sehingga tujuan kita lebih mudah untuk diukur. 

Baca Juga: Masih Merasakan Anosmia, Kapan Baiknya Mengakhiri Masa Isoman?