Rahasia KAMI Handycraft Berhasil Kembali Cuan Meski Diterpa Pandemi

By Dinni Kamilani, Kamis, 2 September 2021 | 10:01 WIB
Salah satu produk KAMI Handycraft. (KAMI HANDYCRAFT)

NOVA.id - Sahabat NOVA, jika Anda masih ragu untuk memulai usaha, khususnya selama pandemi, mungkin kisah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) asal Lombok ini bisa jadi inspirasi.

Berawal dari hobi yang telah ditekuninya saat masih di bangku kuliah, Ni Luh Komang Novia Paramitha (26) memberanikan diri untuk mulai berbisnis kerajinan tangan pada tahun 2018 dengan modal seadanya.

Bisnis tersebut ia beri nama KAMI Handycraft. Beberapa produk yang ia buat adalah buket bunga yang terbuat dari kertas, ada juga yang terbuat dari uang, gift frame, hampers untuk baby born atau wedding, dan juga keperluan lain sebagai hadiah atau suvenir.

Baca Juga: Inspirasi Ide Bisnis dari BeaNaBell, Keunikan Produk Jadi Magnet

Namun, baru berjalan dua tahun bisnisnya harus dihadapkan dengan situasi pandemiCovid-19. Tentu bukan tantangan yang mudah untuk Novia yang baru mulai merintis bisnis.

Pintar Curi Momen

Saat awal pandemi melanda, rasanya Novia kehilangan jalan untuk menjual produknya.

Bukan apa-apa, saat itu semua orang pasti lebih memprioritaskan alokasi keuangannya untuk kebutuhan pokok dan darurat, bukan untuk bersenang-senang, apalagi membeli hadiah untuk diberikan kepada orang lain.

Baca Juga: Tips Sukses Berbisnis dengan Modal yang Terbatas ala Sare Studio