Karet Kulkas Kotor Jadi Sumber Penyakit, Begini Cara Membersihkannya

By Alsabrina, Sabtu, 11 September 2021 | 08:00 WIB
(Ilustrasi) Cara membersihkan karet kulkas (dok. freepik.com)

NOVA.id - Seiring berjalannya waktu, karet yang menempel pada pinggiran pintu kulkas kemungkinan besar dapat menjadi kotor.

Hal ini disebabkan oleh noda, debu, jamur, dan sebagainya.

Jika dibiarkan, hal tersebut membuat tampilan kulkas menjadi tak bersih secara utuh dan membuat karet kulkas tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui bahwa karet pada sela-sela pintu lemari es memiliki peran krusial pada kulkas sehingga tidak boleh dianggap enteng.

Baca Juga: Jangan Pakai Sabun, Ini Cara Membersihkan Teko Listrik yang Benar

Karet kulkas memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai perekat pintu dan bodi kulkas, meredam bunyi ketika menutup pintu kulkas, menjaga suhu dalam kulkas tetap dingin, hingga menjaga udara yang ada di luar dan di dalam kulkas agar tidak bertukar.

Melihat fungsinya yang tidak main-main, maka penting untuk membersihan karet kulkas yang sudah sudah kotor agar membuatnya terawat dan tahan lama.

Mengingat proses pembersihan karet pintu kulkas akan membuat lemari es terbuka, maka sebelum membersihkan perlu mematikan kulkas agar kinerja mesin tidak bekerja begitu keras untuk mendinginkan saat kondisi kulkas terbuka.

Dikutip dari beberapa sumber, Kamis (29/4/2021), berikut ini cara membersihkan karet pintu kulkas yang kotor.

Baca Juga: Cara Membersihkan Microwave Hanya dengan Lemon, Simak Langkahnya!