Ternyata Ini Strategi Unik Inggris untuk Bantu Warganya Berhenti Merokok

By Widyastuti, Senin, 18 Oktober 2021 | 23:02 WIB
Ilustrasi - berhenti merokok (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Apakah Sahabat NOVA tahu jika Pemerintah Inggris melakukan pendekatan yang berbeda dalam menurunkan angka perokok.

Negeri Ratu Elizabeth II ini menyarankan penggunaan produk tembakau alternatif untuk membantu warganya berhenti merokok.  “Dari bukti terbaru, kami tahu bahwa produk tembakau alternatif sekarang menjadi pilihan paling popular bagi perokok yang memutuskan untuk beralih dari merokok,” kata Caitlin Notley, profesor di University of East Anglia, seperti dikutip dari situs Public Health England (PHE). Sahabat NOVA pasti merasa heran, apa sih yang melatarbelakangi Pemerintah Inggris mendukung produk tembakau alternatif untuk mengurangi angka perokok? Berikut ya fakta-faktanya:

Baca Juga: Cara Penggantian Kartu ATM Berbasis Magnetik Menjadi Chip, Segera Ubah Jika Tak Mau Kena Blokir 1. Riset

Lembaga eksekutif Departemen Kesehatan Inggris, Public Health England (PHE), dalam Evidence Review of E-Cigarettes and Heated Tobacco Products 2018 menyebutkan bahwa produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik, memiliki risiko yang lebih rendah hingga 95% daripada rokok.  “Kami perlu meyakinkan perokok bahwa beralih ke produk tembakau alternatif akan jauh lebih rendah risiko daripada merokok. Akan tragis jika ribuan perokok yang bisa berhenti dengan bantuan produk tembakau alternatif tertahan karena ketakutan tentang keselamatan,” kata Profesor John Newton, Direktur Peningkatan Kesehatan di PHE. UK Committee on Toxicology (COT), bagian dari Food Standards Agency, juga menunjukkan kesimpulan yang positif bagi produk tembakau alternatif.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Pusing Karena Layar HP, Gampang Banget!