Kejahatan Siber Meningkat: Jenius Ingatkan Nasabah Soal Keamanan Digital , Yuk! Kenali Modusnya

By Dinni Kamilani, Sabtu, 30 Oktober 2021 | 21:32 WIB
Kejahatan Siber Meningkat, Jenus Ajak Masyarakat Lebih Memahami Keamanan Digital ()

 

NOVA.id – Jenius dari PT Bank BTPN Tbk, pelopor digital banking di Indonesia, meluncurkan program Jenius Aman sebagai bentuk edukasi keamanan digital secara berkelanjutan.

Melalui program ini, Jenius ingin semakin meningkatkan literasi masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi yang bersifat rahasia, terutama dalam ranah digital.  

“Keamanan data dan dana nasabah adalah prioritas di Jenius. Jenius dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan keamanan bertransaksi dan penyimpanan data. ,” kata Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Baca Juga: Waspada Penipuan, Sejumlah Bank ini Kampanyekan Edukasi Keamanan Data

Jenius juga menggunakan teknologi berstandar internasional, isolasi dan proteksi data berlapis, dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Lebih lanjut, Teguh Aprianto, Cyber Security Researcher & Consultant, menjelaskan bahwa terjadi kenaikan kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial (social engineering) selama pandemi.

“Situasi pandemi saat ini secara tidak langsung mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk kebutuhan perbankan,” ujar Teguh.

Baca Juga: Ulang Tahun Kelima, Jenius Hadirkan Promo BirthYay untuk Teman Jenius