Jakarta Fashion Week 2022 Day 1: Ada SOE Jakarta hingga Sejauh Mata Memandang

By Ratih, Kamis, 2 Desember 2021 | 13:31 WIB
Jakarta Fashion Week Day 1 (JFW)

NOVA.id - Jakarta Fashion Week 2022 telah digelar pada 25-28 November 2021 lalu.

Pada hari pertama pembukaan ajang fashion terbesar di Indonesia ini, setidaknya ada 8 brand yang memamerkan hasil karya mereka.

Brand fashion lokal ini salah satunya adalah Sejauh Mata Memandang.

Yuk simak rangkuman JFW 2022 Day 1 berikut ini:

Baca Juga: Dukung Pelaku Bisnis Fashion Indonesia, Ini Hasil Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022

1. SENAYAN CITY X SAMSUNG "FOOTPRINTS" PRESENTS : Jeffry Tan, SOE Jakarta

a. Jeffry Tan

Jeffry Tan menghadirkan koleksi womenswear terbarunya yang terinspirasi dari 3 kota favoritnya: Paris, Bali dan Tokyo.

Dengan keunikan dari masing-masing tempat, Jeffry menuangkan dalam potongan dan gaya khas di koleksi JESCAPE ini. Mulai dari opulence khas Parisian, suasana yang nyaman dan santai ala Bali, hingga origami dan kimono khas Jepang.

Pecinta fashion dapat menemukan ciri khas potongan zigzag Jeffry, dengan penyematan Kristal dan teknik drape pada linen dan sutra chiffon. Permainan warna mulai dari hitam hingga kelembutan Lavender, beige dan putih, berpadu dengan koleksi sepatu Jeffry yang semakin memperkuat representasi dari masing-masing kota favoritnya.

Berkolaborasi bersama Samsung di Jakarta Fashion Week 2022, Jeffry menyampaikan pesan atas persatuan antara fashion, teknologi, dan kreativitas, tanpa perlu adanya penghalang usia, warna kulit ataupun gender.

Dengan harapan dari koleksi ini untuk sebagai sebuah simbol dari persatuan dalam perbedaan dan hal positif di era digital seperti sekarang.

SENAYAN CITY X SAMSUNG (JFW)

Baca Juga: Jadi Model di Dubai Modest Fashion Week 2021, Dewi Sandra dan Dinda Hauw Tampil Mempesona

b. SOE Jakarta

Koleksi SS 2022 dari SOE Jakarta terinspirasi dari momen karantina kita selama pandemi berlangsung yang menjadikan kita mulai mencari-cari hobi baru selama berada di rumah.

Koleksi Home Grown dilandasi oleh hobi-hobi semasa pandemi tersebut, yang menampilkan detail-detail crochet, cording, dan patchwork.

Tampilan siluet yang longgar, memberi kesan santai dan nyaman.

Menggunakan kain tenun tangan hasil dari buatan tangan pengrajin di Pekalongan yang dipadukan dengan kain yang lebih modern, seperti kain parasut dan kain organza, dengan detail seperti pleating dan ruching, menjadikan koleksi ini serbaguna dan unik.

Selain itu SOE Jakarta juga terinspirasi oleh bentuk- bentuk modular dari permainan seperti Lego, yang dapat dibongkar pasang untuk mendapatkan bentuk yang baru.

Seperti lego, beberapa look dari koleksi kali ini pun dapat dibongkar pasang dengan detil cording yang membuat bagian-bagian tertentu dari garment tersebut dapat dilepas dan di mix and match sesuai selera pemakainya.

Salah satu contohnya adalah bagian bawah jaket yang bisa dilepas dan dijadikan short skirt atau aksen obi di atas garment yang lain dengan menarik dan mengencangkan talinya sesuai ukuran tubuh pemakainya.

Baca Juga: 3 Pilihan Style yang Diusung Lazada Style Space Energy in Motion untuk Jakarta Fashion Week 2022

2. LAZADA "ENERGY IN MOTION" PRESENTS : Nadjani, Hijab Wanita Cantik, Gagne, Nona

a. Nadjani

Flower Madras merupakan tema yang diusung untuk Jakarta Fashion Week 2022. Ini adalah kali ke Empat Nadjani diundang dalam Jakarta Fashion Week.

Mengusung tema Flower Madras, yang memiliki arti perpaduan antara garis geometris kotak dengan kelopak bunga. Unsur bunga adalah ciri khas illustrasi dari Nadjani yang memiliki kesan manis dan feminine dipadukan dengan garis kotak-kotak berwarna cerah untuk mengimbangi sisi feminine sehingga menjadi illustrasi yang bisa dinikmati semua segmen.

Warna-warna dalam koleksi Flower Madras mengarah pada warna kontras dan cerah yaitu warna primer seperti kuning, merah, biru dan hijau yang di aplikasikan pada 18 look yang terdiri dan dress, outer, tops dan pants.

Dengan koleksi motif yang penuh, besar dan berwarna Nadjani memperlihatkan bahwa setiap orang bebas mengekspresikan diri melalui motif-motifnya.

Pola oversized sudah menjadi ciri Nadjani sejak dahulu, dengan cutting yang leluasa gaya modest Nadjani tidak pernah diragukan kenyamanannya.

Bahan cotton dan polyester yang dingin dan ringan cocok digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Teknik plisket pada bahan menjadi salah satu keunikan pada tekstur yang dihasilkan.

Koleksi yang ditampilkan adalah dress lengan panjang, kemeja, blouse, vest, celana plisket, dan outer.

Untuk menyempurnakan penampilan pemilihan sepatu tipe mary-jane yang di sponsori oleh Vanilla Shoes pada Jakarta Fashion Week menjadikan kesuluruhan look Nadjani tampil elegan dan kasual.

LAZADA (JFW)

Baca Juga: Rekomendasi Fashion Lokal yang Bikin Kepercayaan Diri Meningkat

b. Gagne

La Route Colorée merupakan tema yang diambil oleh Gagné dalam event Jakarta Fashion Week 2022. Ini merupakan udangan pertama bagi Gagné untuk tampil dalam Jakarta Fashion Week.

Koleksi dalam JFW 2022 ini bertema “La Route Colorée” yang artinya Jalan Berwarna.

Koleksi dalam Gagné La Route Colorée, terinspirasi dari situasi saat ini dimana kita masih berdaptasi dengan adanya Covid-19 menuju new normal.

Banyak perubahan yang terjadi, banyak hal yang baru ketika munculnya wabah ini, kemudian memberikan warna yang berbeda di dalam kehidupan kita dibandingkan dengan sebelum adanya pandemic.

Motif yang di gunakan dalam koleksi Gagné La Route Colorée yaitu bloc colour atau beberapa warna yang dikombinasikan dengan genre street-wear.

Warna – warna dalam koleksi ini adalah kombinasi dari berbagai warna dan berbagai bahan yang diaplikasikan pada 16 Looks yang terdiri dari 6 one set collection dan 10 koleksi t-shirt serta outwear.

Untuk pairing penampilan Gagné La Route Colorée juga menggunakan aksesoris sepert scarf/bandana, gelang, kalung, cincin, travel bag, transparent tote bag, waist bag, dan bucket hat.

Baca Juga: Marawa Handmade Fashion, Cetuskan Ciri Khas Baru yang Bikin Sukses

c. Nona

Ini adalah kali pertamanya jenama lokal Nona berpartisipasi dalam gelaran mode terbesar di Indonesia tersebut. Pada gelaran ini, Nona menghadirkan koleksi yang terinspirasi dari keindahan dan romantisme senja di musim gugur dengan gaya retro vintage.

Koleksi yang diberi nama Autumn Sonnet ini dijual eksklusif di Lazada, sebagai sponsor resmi dari JFW 2021.

Koleksi Autumn Sonnet ini menggandeng penyanyi Alika Islamadina (@alikaislamadina) dan influencer Dewisya (@peonyandherself) sebagai muse Nona di gelaran JFW 2022.

Karakter dari dua publik figur ini dinilai dapat merepresentasikan ciri khas dan indentititas Nona yang timeless, versatile, dan stylish.

Selain terinspirasi dari keindahan musim gugur, koleksi Nona kali ini juga terilhami dari Soneta, sastra puisi klasik dari sastrawan Italia yang terdiri dari 14 bait yang mengekspresikan ketulusan dan kesopanan cinta.

Ke empat belas bait yang ada di soneta ini pun tercerminkan dalam 14 warna dasar yang dihadirkan pada Koleksi Autumn Sonnet ini. Warna-warna yang dipilih mewakili warna musim gugur seperti hijau, emas, dan merah tua.

Untuk koleksi Autumn Sonnet ini nona berkolaborasi dengan ilustrator lokal, Meisaroh, untuk menciptakan motif-motif yang sesuai dengan tema dan ciri khas nona. Motif-motif yang dihasilkan dalam desain ini merupakan motif perulangan yang diharapkan dapat merepresentasikan sebuah ritme dalam puisi soneta.

Koleksi Autumn Sonnet hadir dalam 27 produk dengan 16 look, yang terdiri dari produk rajutan, housewear, jaket, gaun, gaun kemeja, atasan satin, atasan dan gaun katun, celana/denim dan rok edgy.

Tidak hanya itu, Nona juga memperkenalkan sedikit gayastreetwear untuk membuat keseluruhan koleksi lebih menarik dan beragam.

Baca Juga: Rekomendasi Strap dan Konektor Mutiara dari SASKARA dengan Tema Nusantara

3. TIKTOK RUNWAY SHOW PRESENTS: Danjyo Hiyoji, Sejauh Mata Memandang

a. Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan pekerja seni Dian Sastrowardoyo menghadirkan koleksi spesial bertajuk "Tumbuh" yang diluncurkan secara daring di Jakarta Fashion Week 2022 tangal 25 November 2021.

Tumbuh juga menandai perayaan ulang tahun Sejauh yang ketujuh.

Tumbuh adalah sebuah ajakan untuk bersama-sama merawat dan mencintai Bumi dengan melakukan hal-hal kecil dan sederhana. Koleksi spesial ini terinspirasi dari kegiatan seharihari, yakni menanam dan berkebun yang ternyata mempunyai banyak manfaat positif, baik untuk diri sendiri, maupun lingkungan, dan pada akhirnya berdampak baik terhadap Bumi, rumah kita tinggal.

Koleksi ini menampilkan berbagai pakaian sehari-hari dengan warnawarna cerah yang diberi sentuhan berupa siluet dari beberapa baju nasional yang merupakan sumber inspirasi dan ciri khas rancangan Sejauh mata Memandang, yang kemudian didesain dengan gaya kontemporer agar nyaman dipakai.

Seiring dengan tema menanam, berbagai elemen berkebun dimasukkan dalam motif-motif pakaian yang dibuat dari bahan tencel, katun organik dan katun primisima serta menggunakan teknik cetak, batik cap, bordir dan sulam tangan.

TIKTOK RUNWAY SHOW PRESENTS: Danjyo Hiyoji, Sejauh Mata Memandang (JFW)

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Fashion Item Ini Ternyata Bahaya untuk Kesehatan!

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)