Ingin Diet dengan Meal Replacement? Perhatikan Dulu Zat Gizi dan Cara Penggunaannya!

By Annisa Octaviana, Jumat, 7 Januari 2022 | 06:32 WIB
(Ilustrasi) Diet (iStockphoto)

NOVA.id – Sahabat NOVA wajib mengenal lebih dalam mengenai penggunaan meal replacement.

Pasalnya bila kamu ingin melakukan diet dengan meal replacement, selalu teliti untuk mengecek kandungan nutrisi atau nutrition facts dari produk makanan tersebut, ya.

Maka dari itu, ketahui cara mengonsumsi meal replacement yang sesuai supaya diet yang kamu jalankan tak sia-sia dan malah berhenti di tengah jalan.

Simak penjelasannya berikut ini, yuk.

1. Cukupkah hanya makan meal replacement?

Meal replacement jadi metode diet yang cukup digandrungi oleh kaum perempuan maupun laki-laki.

Namun sebagai pengganti makanan utama, meal replacement harus memiliki komposisi yang bisa mencukupi zat gizi dalam satu kali makan.

Selaras dengan hal tersebut, ahli gizi Shintya Dewi, S.Gz, RD menyarankan untuk menghitung kandungan bahan serta gizi yang masuk ke dalam tubuh.

“Kita harus tahu misalnya kalau untuk menurunkan berat badan ada ketentuannya. Jadi harus defisit kalori, karena kalorinya harus rendah. Tapi paling enggak, 70% memenuhi kebutuhan basal kita. Basal itu kebutuhan diri kita yang enggak kita pakai untuk aktivitas seperti organ dalam. Jadi selain asupan makanan ditambah juga aktivitas, jadi pembakarannya lebih banyak. Energi yang masuk sama yang keluar, banyakan yang keluar,” jelasnya.

 Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah, Tidak Perlu Olahraga

 

2. Apa saja zat gizi yang harus diperhatikan?