Bisnis Ghost Kitchen Diprediksi Makin Tren, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

By Annisa Octaviana, Kamis, 13 Januari 2022 | 23:02 WIB
Makin Percaya Diri Memasak Menu Lezat di Rumah, Kuncinya 1 Hal Ini (istock)

NOVA.id – Istilah ghost kitchen atau dapur hantu semakin populer di kalangan pebisnis atau pecinta kuliner.

Bagi yang belum familiar dengan istilah tersebut, tenang saja, ini bukan dapur yang dihuni para hantu, kok.

Ghost kitchen atau yang juga dikenal dengan nama cloud kitchen merupakan fasilitas bisnis yang memproduksi makanan, tetapi tidak memiliki dapur serta restoran.

Umumnya, para pebisnis menyewa dapur dari pihak lain atau dapur pribadi.

Nah, para konsumen hanya dilayani melalui aplikasi pemesanan makanan. Ghost kitchen juga tak memiliki bangunan untuk para konsumen makan di tempat.

Setelah memesan, Anda tinggal menunggu makanan tersebut sampai ke lokasi tujuan.

Sebelum memulai bisnis ini, yuk, kita cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan dari bisnis ghost kitchen.

Apa saja?

Baca Juga: Bisnis Kecantikan Berawal dari Hobi, Ini Kisah di Balik Gladios Store

 

1. Keuntungan bisnis ghost kitchen

Sebagai pebisnis pemula, modal yang Anda perlukan bisa lebih murah. Selain itu, risiko yang Anda peroleh jadi lebih rendah.

Ghost kitchen bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menguji produk dan juga berkembang.

Misalnya, merek croffle Anda kurang diminati pasaran? Anda bisa bereksperimen dengan mengganti produk makanan yang baru.

Terlebih, jangkauan bisnis Anda bisa semakin luas, juga tak bikin Anda pusing memikirkan menyewa lokasi.

2. Kekurangan bisnis ghost kitchen

Bersaing dengan pebisnis kuliner lainnya di pasar digital jadi tantangan yang cukup besar.

Sebab, Anda sulit menjangkau dengan siapa Anda bersaing. Hal ini akan berdampak dalam mengatur strategi pemasaran.

Belum lagi, Anda harus lebih ekstra meningkatkan kredibilitas, supaya merek Anda muncul paling pertama dalam pencarian.

Baca Juga: Mau Bangun Bisnis dengan Pasangan? Simak 5 Tips Ini agar Tetap Harmonis

3. Perkembangannya di Indonesia

Di Indonesia sendiri, ghost kitchen jadi terobosan bisnis kuliner selama masa pandemi Covid-19.

Tingkat permintaan makanan secara online meningkat selama beberapa tahun belakangan.

Itulah sebabnya model usaha ini kian berkembang pesat dan bisa jadi peluang cuan buat Anda.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)