Cari Cuan Tambahan? Mom Content Creator Bisa Banget Jadi Pelarian

By Siti Sarah Nurhayati, Jumat, 21 Januari 2022 | 16:31 WIB
Young confident woman is talking on digital camera recording vlog about cooking. (Choreograph)

NOVA.id - Media sosial memang membuat siapa saja betah berlama-lama berselancar di dalamnya.

Setiap sapuan, pasti ada saja hal baru yang bisa ditonton dan dinikmati. Kadang bikin ketawa terbahak, ngiler, galau, hingga menangis tak tertahankan.

Jadi, sekali buka media sosial, minimal 30 menit bisa kita habiskan untuk menonton atau melihat “kehidupan luar”.

Tapi, sadar enggak sih, bahwa “kemeriahan” di media sosial, sedikit banyak tercetus dari ide liar para kreator konten (content creator) yang menyajikan karya jempolannya?

Untuk kita penikmatnya, mungkin media sosial hanya ajang isi waktu luang, tapi untuk si kreator konten, media sosial bisa banget, lho, dijadikan ladang mencari cuan—entah untuk penghasilan sampingan atau utama.

Asal… bisa memanfaatkan dan menggaet “si penikmat” untuk hanyut dalam konten-konten yang disajikan, seperti yang dilakukan Ria Ricis atau Atta Halilintar, misalnya.

Keduanya sudah terbukti berhasil mendulang penghasilan sampai ratusan juta dari konten yang dibuatnya di YouTube. 

Tapi enggak melulu anak muda, dunia digital juga selalu memberikan ruang dan kesempatan bagi semua orang. Enggak cuma anak muda, para mom juga bisa banget nih, cari cuan tambahan lewat bidang satu ini.

Jadi, untuk dapat penghasilan, enggak perlu lagi, tuh, titip jajanan di warung tetangga atau kerja kantoran dari Senin sampai Jumat.

Baca Juga: Tips Jadi Content Creator Inspiratif Agar Ciptakan Karya Dari Hati

Sebab dengan gawai yang kita punya, cuan juga bisa datang. Platformnya? Bisa Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, atau platform lain yang bakal terus bermunculan.

Dhila Sina, seorang pengarang buku sekaligus home cooking influencer yang gemar berbagi konten seputar resep masakan di Instagram, punya cerita yang sangat inspiratif.

Awalnya Dhila yang memilih jadi ibu rumah tangga ini, memang tak yakin bisa berpenghasilan dengan konten yang dia sajikan.

Pasalnya, saat mulai main Instagram 2014 silam, dia tak sungguh-sungguh. Paling mentok dipakai untuk mengunggah foto kue jualannya.

Lantas, saat food photography booming di tahun 2016, kecintaannya pada dunia fotografi dan kuliner membuat Dhila melihat secercah peluang.

“Dulu enggak kebayang content creator ini akan menjadi sebuah profesi dan menghasilkan. Tapi semakin ke sini peluangnya terlihat semakin terbuka," kata Dhila saat berbincang dengan NOVA belum lama ini.

Dari sana, akhirnya Dhila mulai membuat sesuatu yang lebih serius untuk Instagramnya, dan mulai memikirkan konten yang sesuai dengan hobinya. 

"Sampai datang kesempatan kerja sama dengan UMKM, online shop, hingga brand,” katanya. 

Benar, hobi bisa jadi salah satu konten yang banget jadi batu loncatan kalau mau berkecimpung di dunia content creator. 

Baca Juga: Hadirkan Fitur ROOMS, JOOX Berevolusi Jadi Social and Entertainment Discovery Platform

 

Sebab selain bisa mendatangkan cuan, kita juga senang dan semangat untuk mengerjakannya. Bahkan, bisa jadi tanpa paksaan seperti Dhila. 

Sehingga dalam proses pembuatan kontennya, Dhila mengaku bisa melakukan segala sesuatunya sendiri.

Mulai pengambilan gambar atau video, mengedit, hingga mengunggahnya dengan membubuhkan caption.

"Ya, walaupun kadang suka males di bagian editingnya, sih, ha-ha-ha," jelasnya tertawa. 

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)