Jangan Asal, Begini Tips Memelihara Kura-Kura Darat Sebagai Peliharaan

By Dinni Kamilani, Senin, 31 Januari 2022 | 08:30 WIB
(Ilustrasi) Tips Merawat Kura-Kura Darat (JackF)

NOVA.id - Kura-kura memang bukan binatang peliharaan berbulu seperti kucing atau anjing. Namun, kura-kura juga sangat menggemaskan.

Sehingga, enggak sedikit orang yang memilih kura-kura sebagai hewan peliharaannya di rumah.Menurut Fakhri Fauzan, founder dari Reptil Jakarta, terdapat dua kategori umum untuk kura-kura, yakni kura-kura darat dan kura-kura air.

Kendati sama-sama kura-kura, menurut Fakhri cara pemeliharaan keduanya sangat berbeda jauh.

Nah, untuk Anda yang pemula, disarankan memilih kura-kura darat terlebih dulu. Pasalnya, lebih simpel soal perawatannya.

“Ada banyak jenis kura-kura darat yang umum dipelihara seperti sulcata, pardalis, cherry head atau red footed, sampai aldabra,” tuturnya.

Kepada NOVA, Fakhri pun membagikan tipsnya untuk Anda yang berencana merawat kura-kura darat sebagai hewan peliharaan. Ada apa saja?

Tanggung Jawab

Jangan sampai kita membeli atau mengadopsi hewan dengan alasan lucu semata. Tapi, persiapkan juga segala sesuatu kebutuhan hewan tersebut untuk memastikan hewan yang akan diadopsi nyaman berada bersama kita.

Baca Juga: Intip Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing yang Menempel di Karpet

Rancang Kandang

1. Ukuran

Siapkan tempat bagi kura-kura yang sesuai dengan habitatnya. Menurut Fakhri, kandang yang ideal untuk kura-kura darat sebaiknya enam kali panjang tubuhnya.