5 Tips Jual Mobil Seken, Kondisi Interior Hingga Riwayat Servis

By Dinni Kamilani, Senin, 31 Januari 2022 | 13:02 WIB
(Ilustrasi) Jual beli mobil seken (Yuri Arcurs peopleimages.com)

NOVA.id - Membuka awal tahun 2022 banyak orang mulai menjalankan resolusi terbarunya. Mulai dari mengubah kebiasaan lama yang dirasa kurang baik, sampai mewujudkan impian lainnya seperti meng-upgrade mobil lama menjadi mobil baru.

Salah satunya cara mewujudkannya yakni dengan menjual terlebih dahulu mobil lama yang dipunya.

Nah, agar harga mobil lama tidak jatuh drastis, Anda maupun pembeli tidak rugi, dan mobil bisa cepat laku maka mobil lama Anda butuh perhatian khusus. Apa saja?

1. Kondisi Prima

Sebelum menjual pastikan mobil dalam keadaan baik dan berfungsi normal. Harga mobil bekas bisa tinggi jika kondisinya sudah siap dipakai.

Sehingga konsumen tidak perlu melakukan perbaikan lagi. “Jangan mobil yang asal dipakai, pastinyungsep harganya,” kata Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, seperti dikutip dari Kompas.com.

Oleh sebab itu, Herjanto menyarankan bagi kita yang ingin menjual mobil, sebaiknya perbaiki dulu jika ada yang rusak.

Namun, kalau biaya perbaikan membengkak, menurutnya ditahan untuk tidak dijual. Tujuannya untuk menghindari kerugian dari harga beli yang terbilang rendah.

Baca Juga: Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat Aplikasi, Begini Caranya

2. Survei

Selanjutnya, kita bisa melakukan survei harga mobil yang akan dijual, dengan cara mencari informasi harga jual mobil di situs online maupun bertanya langsung dengan pedagang mobil bekas.

Dengan begitu, kita bisa memasang harga yang pas untuk mobil yang akan dijual dan mampu bersaing dengan penjual yang lain.