Perluas Kapasitas Hingga 80 Dapur, Telepot Co-Kitchen Berikan Solusi Jitu Untuk Pengusaha F&B

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 3 Februari 2022 | 14:31 WIB
Telepot Co-kitchen. (DOK. ISTIMEWA)

NOVA.id - Perubahan perilaku masyarakat dalam hal memesan makanan kini berubah. 

Sejak aplikasi pesan makanan online menjamur, masyarakat lebih menikmati layanan pesan-antar tersebut dibanding datang langsung ke tokonya.

Selain efisien waktu, promo menarik yang ditawarkan menjadi salah satu daya tarik yang sulit ditolak. 

Hal ini menjadi lampu hijau bagi pengusaha Food and Beverage (F&B). Tak sedikit yang mengambil peluang hingga mendapat untuk berlipat. 

Sebab di era serba online ini membuat pengusaha tak perlu lagi membuka toko offline yang memakan biaya besar.

Cukup menggunakan konsep cloud kitchen atau dikenal juga dengan ghost kitchen, "restoran" yang berfokus pada layanan pesan antar, kamu sudah bisa memulai bisnis dari rumah. 

Apalagi, bisnis cloud kitchen sangat diminati dan digandrungi di masa pandemi Covid-19. 

Hal ini terbukti dari 40 brand yang sudah bergabung ke Telepot Co-Kitchen dalam 3 bulan pertama semenjak beroperasi pada bulan Juni 2020.

Bahkan kini Telepot Co-Kitchen telah memperbesar kapasitasnya menjadi 2 lantai dengan total kapasitas 80 dapur. 

Baca Juga: Buka di Makassar dan Malang, Cloud Kitchen Grab Jadi yang Terbesar di Indonesia

Lantai 2 Telepot Co-Kitchen sudah mulai dibangun pada November 2021 dan telah beroperasi pada Januari 2022. 

Dengan hadirnya ekspansi ini, menjadikan Telepot Co-Kitchen sebagai Cloud Kitchen terbesar di Indonesia dalam segi jumlah dapur di dalam satu fasilitas.

Brand makanan yang tergabung di dalam Telepot Co-Kitchen sangat bervariasi, mulai dari UMKM hingga brand besar yang baru memulai bisnisnya di industri F&B. 

Brand besar yang tergabung beberapa terdiri dari Grup Hong Tang, Oppa Corndog, Sushimoo, Bakmi Cwims, Auntie Anne’s, dan Peco-Peco Sushi. Sedangkan untuk UMKM beberapa diantaranya ada Chick N Duck, Dee Foodism, Nasi Goreng Bumbu Cinta, dan Niel’s Kitchen.

Nicholas Hum, CEO dan Denny Asalim, Direksi mengatakan Telepot Co-Kitchen juga mengadakan beberapa program seperti TeleFood dan PEEKABOO. 

"Harapan dari program ini adalah agar untuk membantu para pengusaha makanan yang sudah bergabung dengan Telepot Co-Kitchen dapat lebih dikenal oleh konsumen dan mendorong penjualan," jelas Nicholas. 

TeleFood “Teleport Various Food in One Order to Your Doorstep” merupakan sebuah platform makanan dan minuman yang memudahkan konsumen untuk membeli beberapa produk brand F&B sekaligus. 

Platform utama yang digunakan merupakan website telefood.id dan juga didukung beberapa platform lainnya seperti ShopeeFood, Kulina, TravelokaEats, GoFood, dan GrabFood. Telepot Co-Kitchen juga dapat membantu dari segi administrasi seperti cara daftar GoFood, GrabFood dan aplikasi pesan antar lainnya.

Dari segi pemasaran, Telepot Co-Kitchen memberikan solusi kepada para pebisnis dengan program Free Food Trial dinamakan PEEKABOO. 

Baca Juga: 4 Alat Dapur yang Harus Sering Dibersihkan agar Tidak Jadi Sarang Penyakit

 

Program ini bertujuan untuk membantu memasarkan brand di dalam Telepot Co-Kitchen dengan memberikan 3 porsi kecil sampel makanan dalam satu kemasan. 

Setiap satu kemasan bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh para pelanggan dengan biaya pengiriman ditanggung Telepot Co-Kitchen. 

Hadirnya PEEKABOO diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pelanggan mengenai rasa dari brand yang mendaftar untuk mengikuti program ini.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)