Webseries Kelak Season 2, Ajak Milenial dan Gen Z Melek Finansial

By Siti Sarah Nurhayati, Rabu, 23 Februari 2022 | 12:34 WIB
Cuplikan foto webseries Kelak. (DOK. YOUTUBE PEGADAIAN)

NOVA.id – Setelah sukses meluncurkan webseries Kelak 2021 lalu, PT Pegadaian kembali merilis lanjutan webseries bertajuk Kelak season 2.

Di season dua ini, Kelak masih mengangkat isu tentang anak muda tanpa rencana yang membiarkan hidupnya mengalir tanpa tujuan jelas dan kondisi ini menjadi tema yang sejalan dengan gaya hidup sebagian generasi Millenial dan Gen Z.

Melalui kisah cinta yang simpel dan hangat, penonton diajak memahami betapa pentingnya memiliki rencana dan literasi keuangan sejak dini.

Tujuannya, Pegadaian ingin mengedukasi audiens untuk merencanakan keuangan dan mendapatkan solusi finansial yang aman, mudah, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.

“Medium webseries seperti Kelak season 2 merupakan medium entertainment yang mudah diakses dan dinikmati bersama kapan pun dan dimana pun. Kami sadar betul bahwa literasi keuangan harus dimulai sejak dini bagi generasi Millenial dan Gen Z yang tentunya berada di masa produktif dalam bekerja,” jelas  Kepala Divisi Marketing Luh Putu Andarini belum lama ini.

Mungkin kini, informasi mengenai keuangan sudah bertebaran di media sosial atau platform lain, namun Kelak sendiri memiliki pendekatan yang unik dan dibalut dengan kisah sehari-hari yang terkadang kita alami.

“Sehingga harapannya membuat cerita yang disuguhkan melalui Kelak dapat dengan mudah diterima oleh publik,” sambung Luh Putu Andarini.

Seperti diketahui, pemerintah hingga saat ini terus aktif melakukan literasi keuangan agar masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan finansial sesuai kebutuhan sehari-hari mereka.

Perlu di ketahui, menurut Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan resiko sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Ajak Ibu-ibu Kader Kesehatan Melek Finansial, Allianz Gelar Kuliah Whatsapp Tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga

 

Dan secara umum, pengertian literasi keuangan adalah kemampuan untuk mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu mencapai kesejahteraan hidup.