Anti Ribet, Begini Tips Merawat Kursi Kerja agar Tidak Mudah Rusak

By Dinni Kamilani, Rabu, 23 Februari 2022 | 15:34 WIB
Kusi kerja ()

NOVA.id - Kursi kerja atau kursi kantor merupakan salah satu bagian dari furnitur yang begitu dibutuhkan di ruang kerja.

Namun, perawatan kursi kerja sering kali luput dari perhatian pemiliknya, sehingga itu dapat memengaruhi usia pemakaiannya.

Agar kursi kerjam kita bisa awet dan tahan lama untuk menopang tubuh kita saat bekerja, pastikan kamu menggunakannya dengan benar dan memberikan perawatan yang sesuai.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini adalah tips untuk membuat kursi kerja awet dan tahan lama.

Perhatikan Beban Kursi

Setiap kursi kerja mempunyai beban maksimal yang bisa ditopangnya. Biasanya kaki kursi kerja yang terbuat dari nylon mampu menahan beban hingga 85 kg.

 Sementara kaki kursi bahan metal mampu menahan beban hingga 120 kg. Jadi pastikan kursi kerjamu menopang beban yang sesuai dengan daya topangnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok dalam Ruangan, Cuma Modal Baking Soda!

Oleh karena itu, gunakan kursi kerja sesuai dengan fungsinya saja, yakni sebagai tempat untuk duduk.

Dengan demikian, kursi kerja tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.  

Hindari Menggunakan Kursi di Atas Karpet Sebaiknya kita menghindari menggunakan kursi roda di atas karpet, pasalnaya roda yang cocok digunakan di atas karpet memiliki bahan dan spesifikasi yang berbeda dengan roda kursi kerja pada umumnya.

Tipe roda kursi kerja yang tidak tepat dapat menyebabkan roda cepat rusak karena pergerakan roda terhalang oleh karpet. Oleh karena itu, periksa tipe roda dari kursi kerjamu apakah dapat bergerak di atas karpet atau tidak.