Ini Makna Nyepi dan Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi dalam Bahasa Indonesia

By Ratih, Kamis, 3 Maret 2022 | 10:22 WIB
Suasana jelang Nyepi di Bali (Kompas.com)

NOVA.id - Hari Raya Nyepi memiliki filosofi di mana umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya).

Nyepi memiliki arti sepi atau sunyi, dan dirayakan setiap 1 tahun Saka. 

Pada saat Nyepi tidak boleh melakukan aktivitas seperti keluar rumah (kecuali sakit dan perlu berobat), menyalakan lampu, bekerja, dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah agar tercipta suasana sepi, sepi dari hiruk pikuknya kehidupan dan sepi dari semua nafsu atau keserakahan sifat manusia untuk menyucikan Bhuwana Agung (alam semesta) dan Bhuwana Alit (manusia).

Sebelum hari raya Nyepi, dilaksanakan serangkaian upacara dan upakara yang bermaksud agar Penyucian Buana Alit dan Buana Agung berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah kumpulan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944 dalam Bahasa Indonesia:

1. Rahajeng nyanggra rahina Nyepi Saka 1944. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Tahun Baru Saka 1944 bagi umat Hindu yang melaksanakannya. Dumogi rahayu sareng sami. Tetap bersatu dalam keberagaman.

2. Bagi mereka yang bijak, sunyi adalah ruang mendapat makna kehidupan. Bagi mereka yang jujur, sepi adalah medium berinteraksi dengan sang Pencipta. Selamat Hari Raya Nyepi 2022.

3. Selamat Hari Raya Nyepi 2022 Tahun Baru Saka 1944. Semoga setiap pesan dalam ucapan selamat tahun baru mampu memupuk terbinanya kerukunan dan perdamaian. Kemuliaan hidup adalah hak setiap umat-Nya. Semoga Umat Hindu dimanapun berada selalu dalam lindungan Tuhan YME.

 Baca Juga: Unik, Pengantin di Bali Ini Usung Pesta Pernikahan Pakai Barang-Barang Daur Ulang

4. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Tahun Baru Saka 1944. Dalam hening, mari berhenti sesaat untuk langkah baru yang lebih baik.

5. Selamat Merayakan Hari Raya Nyepi 2022 bagi umat beragama Hindu. Hari pergantian tahun Saka yang berarti hari penyucian Buana Alit dan Buana Agung. Semoga dengan melakukan Catur Brata Penyepian terciptalah semangat baru dan segala sesuatu yang positif.