NOVA.id – Membuka usaha kuliner bisa dibilang susah susah gampang. Susah jika kita belum mengenal target market dan kebiasaan konsumen kita, dan gampang jika kita sudah paham segmen mana yang akan kita jangkau.
Sehingga, macam-macam tipe konsumen, wajib banget nih, dipelajari agar bisa loyal pada usaha yang tengah kita rintis.
Salah satunya Sahabat NOVA bisa mempelajari cara pendekatan dan konsumen setia Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang, salah satu warung makan legendaris di Tanah Abang, yang sudah bertahan hingga tiga generasi.
Sebab, menurut sang founder, Budiono Wikanto, yang berhasil menghimpun basis konsumen yang loyal untuk datang kembali ke restoran lewat cita rasanya, bilang bahwa konsumenlah yang menjadi penyemangat sejak usahanya berdiri sebagai warung kecil, hingga berkembang pesat.
“Merekalah yang menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi agar dapat terus berkembang, seperti membuka gerai di cloud kitchen agar dapat lebih mudah melayani pembelian lewat layanan pesan antar makanan,” jelas Budiono melalui rilis yang NOVA terima.
Tak hanya itu, Budiono juga memberikan 4 gambaran atau tipe, bagi pengusaha baru yang ingin lebih mengenal konsumennya.
1. Tipe Beli Makanan Sambil Rebahan Di Rumah
Sudah bukan hal yang asing bagi kita untuk memesan makanan dari rumah, apalagi sejak pandemi. Sambil rebahan dari rumah, kita bisa membeli makanan yang diinginkan hanya dengan memanfaatkan smartphone.
Para pembeli yang ngidam akan hangatnya nasi uduk jadi lebih mudah untuk mendapatkan Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang karena telah hadir di berbagai layanan pesan antar.
Baca Juga: Cara Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker, Perhatikan Beberapa Hal Ini!
2. Tipe Setia Datang Ke Gerai
Tak ada yang bisa menghalangi pembeli setia Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang untuk menikmati menu-menu favoritnya. Dengan menjaga protokol kesehatan, para pembeli ini biasanya mengajak orang tersayangnya untuk bersama-sama menikmati cita rasa khas dari nasi uduk ini.