NOVA.id – Membuka usaha kuliner bisa dibilang susah susah gampang. Susah jika kita belum mengenal target market dan kebiasaan konsumen kita, dan gampang jika kita sudah paham segmen mana yang akan kita jangkau.
Sehingga, macam-macam tipe konsumen, wajib banget nih, dipelajari agar bisa loyal pada usaha yang tengah kita rintis.
Salah satunya Sahabat NOVA bisa mempelajari cara pendekatan dan konsumen setia Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang, salah satu warung makan legendaris di Tanah Abang, yang sudah bertahan hingga tiga generasi.
Sebab, menurut sang founder, Budiono Wikanto, yang berhasil menghimpun basis konsumen yang loyal untuk datang kembali ke restoran lewat cita rasanya, bilang bahwa konsumenlah yang menjadi penyemangat sejak usahanya berdiri sebagai warung kecil, hingga berkembang pesat.
“Merekalah yang menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi agar dapat terus berkembang, seperti membuka gerai di cloud kitchen agar dapat lebih mudah melayani pembelian lewat layanan pesan antar makanan,” jelas Budiono melalui rilis yang NOVA terima.
Tak hanya itu, Budiono juga memberikan 4 gambaran atau tipe, bagi pengusaha baru yang ingin lebih mengenal konsumennya.
1. Tipe Beli Makanan Sambil Rebahan Di Rumah
Sudah bukan hal yang asing bagi kita untuk memesan makanan dari rumah, apalagi sejak pandemi. Sambil rebahan dari rumah, kita bisa membeli makanan yang diinginkan hanya dengan memanfaatkan smartphone.
Para pembeli yang ngidam akan hangatnya nasi uduk jadi lebih mudah untuk mendapatkan Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang karena telah hadir di berbagai layanan pesan antar.
Baca Juga: Cara Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker, Perhatikan Beberapa Hal Ini!
2. Tipe Setia Datang Ke Gerai
Tak ada yang bisa menghalangi pembeli setia Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang untuk menikmati menu-menu favoritnya. Dengan menjaga protokol kesehatan, para pembeli ini biasanya mengajak orang tersayangnya untuk bersama-sama menikmati cita rasa khas dari nasi uduk ini.
Ditambah dengan sambal kacangnya yang menggugah selera, tipe setia ini biasanya enggak cukup makan satu porsi, tapi masing-masing memesan dua porsi nasi dengan lauk tambahan.
3. Tipe Satu Nasi, Semua Lauk
Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang menyediakan beragam lauk untuk menemani makan nasi uduk agar lebih nikmat. Tipe ini juga paling suka saling berbagi lauk bersama dengan temannya.
Beragam menu lauk mulai dari ayam, tahu, tempe, hingga beragam sate mereka pesan untuk mendampingi nasi uduk yang gurih. Tak lupa, ragam lauk tersebut mereka nikmati dengan meminta ekstra sambal kacang andalan dari Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang.
4. Tipe Pencari Promo Yang Mau Makan Enak Tapi Tetap Hemat
Diskon atau cashback memang selalu menjadi incaran semua orang. Bahkan, beberapa orang menjadikan promo mana yang lebih besar sebagai penentu makanan yang akan disantap.
Pembeli tipe ini biasanya paling up-to-date dengan promo yang ada demi menikmati sepiring nasi uduk yang enak dengan lebih hemat lagi.
Baca Juga: Masa Lalunya Sulit, Rieke Diah Pitaloka Harus Jualan Jamu hingga Nasi Uduk
Menyiasati hal tersebut, Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang pun bekerja sama dengan ShopeePay pada 3.15 Hari Cashback ShopeePay untuk memberikan penawaran menarik kepada seluruh pelanggan setia.
Berlangsung hingga tanggal 15 Maret 2022, pelanggan berkesempatan mendapat cashback hingga 100% untuk menikmati Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang dengan cara membeli voucher cashback di fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)