Berinvestasi di Saat Pandemi? Siapa Takut!

By Dr. Agus Sugiarto, Sabtu, 26 Maret 2022 | 19:27 WIB
Cara investasi logam mulia Antam (Yevgeniy Sambulov)

NOVA.id - Sampai hari ini tidak seorangpun mampu meramalkan kapan pandemi covid-19 yang sudah berjalan sekitar 2 tahun yang lalu akan berakhir.

Pandemi tersebut sudah memakan banyak korban jiwa, sehingga menimbulkan dual krisis, yaitu krisis kemanusiaan dan juga krisis ekonomi.

Namun demikian, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa di saat pandemi tersebut justeru memberikan suatu peluang besar untuk berinvestasi yang mungkin sangat jarang terjadi pada saat kondisi normal.

Sudah banyak studi empiris maupun pengalaman dari berbagai investor yang memiliki pandangan bahwa berinvestasi di saat pandemi justeru menjadi suatu keputusan yang tepat dan memberikan keuntungan yang besar (Dorn dan Weber, 2013; Lindsay, 2017; Rasmussen, 2020).

Sebagai ilustrasi sederhana dari pelajaran krisis ekonomi global 2008, kita dapat melihat bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebelum krisis 2008 terjadi mencapai puncak tertinggi di sekitar angka 2.830 dan saat krisis muncul, angka IHSG tersebut terjun bebas sampai di angka 1.100an di bulan Oktober 2008.

Namun kita percaya dan yakin saat itu bahwa krisis akan bisa diatasi dan ekonomi akan bergerak kembali ke jalan yang normal, sehingga diperkirakan IHSG akan kembali “rebound”.

Asumsi tersebut ternyata memang benar terjadi sehingga investor yang berani berinvestasi di saat harga saham mengalami kejatuhanj, akhirnya mendapatkan “capital gain” yang luar biasa besar.

Dalam kurun waktu sekitar 3 tahun setelah krisis 2008 terjadi, ternyata angka IHSG pada akhir Desember 2010 telah melesat mencapai rekor baru di angka 3.703, artinya telah naik lebih dari 3 kali lipat.

Andaikan saja kita berinvestasi Rp100 juta di saat IHSG terpuruk di akhir tahun 2008, maka pada tahun 2010 pundi-pundi investasi kita sudah berkembang menjadi Rp300 jutaan lebih.

Baca Juga: Kolaborasi Aplikasi PINTU dan Moon Chicken by Hangry Hadirkan Menu Spesial Berhadiah Bitcoin

Rasional berinvestasi di saat pandemi

Banyak orang maupun investor yang pesimis dan ragu-ragu berinvestasi di saat adanya pandemi sekarang ini.