Merinding, Hagia Sophia Gelar Salat Tarawih Pertama dalam 88 Tahun Terakhir

By Alsabrina, Selasa, 5 April 2022 | 04:30 WIB
Salat tarawih di Hagia Sophia (dok. AP Photo/Emrah Gurel)

NOVA.id - Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki, mengadakan salat Tarawih pertamanya dalam 88 tahun, pada Jumat (1/4/2022) malam.

Adapun shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah (dianjurkan) atau sunnah mu'akkad (sangat dianjurkan) yang dilakukan umat Islam hanya saat bulan Ramadhan, sebanyak 11 atau 23 raka'at.

Mengutip Daily Sabah, Minggu (3/4/2022), sejumlah agenda yang berkaitan dengan Bulan Suci Ramadhan juga akan diadakan di sana.

Salat tarawih di Hagia Sophia (dok. thenationalnews.com)

Untuk diketahui, Hagia Sophia memiliki sejarah panjang sejak dibangun pertama kali pada abad ke-6, serta melalui sejumlah renovasi dan perluasan.

Awalnya, Hagia Sophia dibangun sebagai gereja Church of Holy Spirit atas perintah Kaisar Bizantiun Justinian I, melansir Kompas.com (11/7/2020).

Lalu, pada masa penaklukan Ottoman di Istanbul pada 1453, bangunan ini berubah fungsi menjadi masjid.

Sehingga dipercantik dengan arsitektur yang menampilkan elemen khas Kesultanan Ottoman.

Salat tarawih di Hagia Sophia (dok. AP Photo/Emrah Gurel)

Kemudian pada tahun 1934, Hagia Sophia diubah menjadi museum. Kendati diubah, dekorasi asli berupa mosaik bunga dan geometris dari abad ke-7 masih dipertahankan.

Sampai akhirnya Hagia Sophia kembali mendapatkan status sebagai masjid pada tahun 2020, tepatnya saat dibuka untuk beribadah pada 24 Juli 2020.

Baca Juga: Pertama Kali dalam Sejarah! Salat Tarawih Dilakukan di Times Square NY