Tips Beli Barang Orisinal di Markerplace, Waspada dengan Harga Murah!

By Dinni Kamilani, Selasa, 19 April 2022 | 16:01 WIB
Tips Beli Baranf Orisinal di Marketplace (Deepak Sethi)

NOVA.id - Bagaikan mencari jarum di tengah tumpukan jerami, begitulah kata-kata yang tepat saat kita akan mencari barang yang asli alias orisinal di marketplace dengan ribuan atau bahkan jutaan penjual.

Bagaimana tidak, ketika membelinya secara langsung saja (dengan sekian banyak penjual), risiko mendapatkan barang palsu masih bisa terjadi. Nah apalagi membelinya secara online tentu risikonya jadi lebih besar.

Kendati begitu bukan berati kita tidak bisa berbelanja barang orisinal di marketplace. Tentu saja bisa, apalagi kita semua tahu, jika berbelanja di marketplace ini selain proses transaksinya mudah, berbagai penawaran menarik yang selalu ada pun rasanya sayang untuk dilewatkan.

Agar tidak terjebak membeli barang yang pura-pura orisinal alias palsu, pembeli dituntut untuk menjadi konsumen yang cerdas.

Berikut ini hal yang wajib diperhatikan sebelum kita check out belanjaan kita. Apa saja, ya?

Baca Juga: Si Paling Shopaholic! 6 Zodiak Ini Dikenal Sangat Suka Belanja, Boros Banget

1. Pilih platform terpercaya

Pastikan kita memilih marketplace yang terpercaya dan memiliki komitmen untuk menghadirkan produk yang orisinal. Salah satu tandanya, platform tersebut mau bertanggung jawab jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ditawarkan atau deskripsi produk.

2. Baca deskripsi dan bertanya

Ingat kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.

“Pertama kita harus baca deskripsi produk secara jelas, produk dari mana, siapa yang memproduksinya. Kita dianjurkan bertanya kepada penjual, kumpulkan informasi sebanyak -banyaknya. Bila perlu hubungi penjual untuk menanyakan apakah barang asli, dan apakah ada jaminan pengembalian bila ternyata barang palsu,” ujar Sularsi, Koordinator Pengaduan dan hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) kepada NOVA.

Jadi jangan sampai kebalik ya, buru-buru check out, cari informasi kemudian.