NOVA.id - Tren produk perawatan kulit dan wajah menjadi hal yang terus meningkat dan berkembang di Indonesia.
Berdasarkan hasil riset dari Science Art Communication Indonesia, sejak tahun 2018 produk skincare menjadi pasar terbesar dari kosmetik dan personal care.
Setidaknya pasar skincare memberikan kontribusi sebesar US$2.022 juta untuk pasar kosmetik dan US$5.502 juta untuk produk perawatan tubuh.
Antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap tren kecantikan inilah yang mendorong brand kecantikan global Bioaqua untuk hadir mewarnai pasar industri kecantikan di Indonesia sejak tahun 2021, yang kini dikenal Bioaqua Indonesia.
Very Chandra Tan, Direktur Utama Bioaqua Indonesia menjelaskan, Bioaqua hadir di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan produk skincare lokal Indonesia yang dapat digunakan setiap hari dan aman bagi para wanita Indonesia dengan harga yang efektif dan efisien.
"Produk-produk Bioaqua hadir dengan komitmen untuk membantu wanita Indonesia dalam mengeksplorasi kecantikan mereka, tentunya dengan bahan yang aman dan alami," sambung Very.
Ia juga mengatakan bahwa produk ini memiliki bahan-bahan yang tidak berbahaya pada kulit dan telah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Sementara itu, dr. Arini Widodo, SpKK seorang Dermatologist menjelaskan pentingnya menggunakan profuk skincare yang sudah memiliki sertifikat BPOM.
"Sangat penting untuk memiliki skincare yang sudah teregistrasi BPOM untuk menjamin keamanannya, karena meskipun mengandung bahan yang alami atau natural, belum tentu itu aman."
"Di sini konsumen harus berperan untuk lebih kritis dan memiliki edukasi yang cukup mengenai bahaya kosmetik ilegal," jelasnya.
Baca Juga: Sering Diabaikan, Skincare Leher Ternyata Penting Banget, Cuma Butuh Ini!
Arini mengatakan, produk yang sudah lolos BPOM paling tidak sudah diseleksi dari 3 aspek, yaitu keamanan, kemanfaatan, dan mutu.
Sedangkan produk yang ilegal tidak memiliki garansi 3 aspek tersebut.
Mengedukasi bagaimana mengecek sebuah produk kosmetik telah teregistrasi BPOM, dr. Arini menambahkan bahwa konsumen dapat menginput nomor BPOM produk di website BPOM https://cekbpom.pom.go.id untuk memastikan kesahihannya.
Selain itu, produk yang dijual bebas seharusnya masuk kategori kosmetik, bukan obat.
Menjadi konsumen yang kritis akan membantu agar masyarakat dapat terlindungi dari produk yang dapat membahayakan kesehatan.
Berkomitmen untuk mencukupi kebutuhan skincare harian dengan kualitas Internasional dan menghadirkan pengalaman berbelanja baru bagi masyarakat, di tanggal 27 Maret yang lalu, Bioaqua Indonesia meresmikan Bioaqua Showroom yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
"Setelah satu tahun kehadiran kami di Indonesia dengan melakukan penjualan secara daring melalui beberapa channel media sosial seperti: TikTok Shop@bioaquaofficialstore dan Shopee Mall Bioaqua Official Shop, kini kami berinovasi dengan mendirikan Bioaqua showroom," ujar Marsha Karta Swadharma, Brand Manager Bioaqua Indonesia dalam acara peresmian Bioaqua showroom.
"Kiranya dengan hadirnya wadah penjualan secara daring danmelalui showroom ini dapat menjadi sebuah sinergi yang baik untuk menunjukkan komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada masyarakat terhadap produk-produk kami," sambungnya.
Peresmian Bioaqua showroom dimeriahkan dengan hadirnya 50 influencers tanah air, salah satunya adalah Renny Antonious yang memiliki 1 juta pengikut di Tiktok.
Baca Juga: Rekomendasi Eye Cream yang Bisa Samarkan Kerutan dan Mata Panda, Retinol Jadi Bahan Aktif Utama
Kemeriahan peresmian Bioaqua showroom juga dilakukan dengan mengadakan penjualan secara daring selama 14 jam tanpa henti melalui TikTok resminya @bioaquaofficialstore.
Ini juga disertai sesi talkshow yang menghadirkan influencer Agnes Jennifer, Ashilla Shikado dan Dr. Farhan Zubedi.
Tak hanya itu, Ita Puspita sebagai Lead Beauty TikTok Indonesia juga hadir dalam acara ini.
Acara peresmian Bioaqua Showroom Indonesia disimbolisasikan dengan pemotongan kue oleh Direktur Utama Bioaqua Indonesia, Very Chandra Tan.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan mengajak para influencers melakukan showroom tour.
Sebagai brand kecantikan yang sedang bertumbuh di pasar industri kecantikan Indonesia, Very berharap agar Bioaqua dapat menjadi perusahaan kosmetik yang berperan dalam mendukung kembali bangkitnya ekonomi di Indonesia dengan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
"Hingga saat ini, Bioaqua telah berhasil membuka lebih dari 100 lapangan pekerjaan baru dan kami harapkan akan terus berkembang ke depannya."
"Hal ini sebagai langkah strategis kami di tahun 2022, di mana Bioaqua Indonesia berencana untuk menambah 400 varian baru produk kecantikan serta membuka gerai-gerai toko offline lainnya” tutup Very.
Baca Juga: Rekomendasi Natural Skincare dari Brand Lokal, Aman untuk Semua Jenis Kulit
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)