Rayakan Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi Karyawan dan UMKM

By Siti Sarah Nurhayati, Jumat, 22 April 2022 | 15:01 WIB
Dekayu, salah satu penggiat UMKM lokal di Tokopedia. (DOK. TOKOPEDIA)

NOVA.id - Bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2022, Tokopedia semakin mengukuhkan inklusivitasnya demi memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Hal ini bertujuan agar seluruh masyarakat mendapat kesetaraan dalam hal bekerja untuk pemulihan ekonomi negeri. 

Infrastruktur gedung Tokopedia Care juga sangat ramah difabel. Mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan hingga kamar kecil dan ruang salat dirancang untuk difabel. 

"Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orangtua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia," jelas Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia saat konferensi pers virtual, Kamis (21/4).  

Sehingga kantor Tokopedia memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.

Ada pula benefit cuti hamil atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) - baik yang merupakan seorang ibu atau ayah - sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua. 

"Kini ada lebih dari 6.000 Nakama yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” sambung Puput. 

Tak hanya itu, Tokopedia juga kini tengah fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. 

Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020. Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.

Baca Juga: Ramadan in Style Tokopedia Gandeng UMKM Fesyen Lokal Semakin Berkibar

 

Pemilik Dekayu dan Diet Special Needs adalah contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia.