5 Manfaat Puasa Bagi Anak, Salah Satunya Bantu Mendukung Kesuksesannya Saat Dewasa

By Dinni Kamilani, Sabtu, 23 April 2022 | 13:00 WIB
Manfaat mengajarkan anak berpuasa (ibnjaafar)

NOVA.id - Sahabat NOVA, sebagian dari kita mungkin tahun ini mulai mengajak si kecil untuk berpuasa. Ya, meskipun anak-anak yang belum memasuki pubertas belum diwajibkan berpuasa, tidak ada salahnya mengajarkan anak puasa sejak dini.

Lantas apa, sih, dampak berpuasa bagi si Kecil? Menurut psikolog anak Ayoe Sutomo, M.Psi, Psikolog, setidaknya ada 5 manfaat puasa bagi anak-anak.

1. Memperkenalkan Religiositas

Puasa jadi sarana bagi orangtua untuk memperkenalkan religiositas atau konsep agama. Yakni dengan mengenalkan anak konsep ibadah dan melatih anak melakukan ibadah.

“Perkenalkan esensi puasa kepada anak, seperti kenapa harus berpuasa dan apa makna puasa. Tentunya dengan bahasa yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak,” kata Ayoe.

Baca Juga: Tak Perlu Oven, Begini Resep Brownies Kukus Cokelat untuk Buka Puasa

2. Melatih Kesabaran

Mengajarkan anak untuk bersabar. Bukan sekadar bersabar menunggu waktu berbuka, lebih jauh saat berpuasa anak dilatih untuk memiliki kemampaun delayed gratification, yakni keterampilan untuk menunggu atau menunda sesutu yang bisa didapatkan saat ini atau instan dengan tujuan meraih sesuatu yang lebih baik.

Jadi saat berpuasa anak menunda makan yang sedikit untuk kemudian nanti saat buka puasa bisa makan dengan menu beragam, suasana yang berbeda dan tentunya sangat menyenangkan.

Rupanya keterampilan delayed gratification ini dapat membentuk pribadi yang tangguh dan tidakmanja, yang dipercaya berpengaruh terhadap masa depan anak yang lebih baik.

Kata Ayoe, “Konsep delayed gratification ini sebenarnya adalah satu hal yang kalau kita baca di berbagai penelitian. Anak-anak yang memiliki kemampuan untuk menunda keinginannya untuk satu hal yang jauh lebih besar, punya kolerasi dengan suksesnya pendidikan dan pekerjaan pada saat dia dewasa. Jadi sebenarnya latihannya bisa dari puasa ini."

Baca Juga: Penuhi Dua Nutrisi Ini agar Glowing di Hari Raya Lebaran Nanti