Pandemi Covid-19 Bawa Banyak Perubahan, Salah Satunya Gaya Kerja Fleksibel Karyawan Melalui Zoom

By Widyastuti, Kamis, 28 April 2022 | 06:02 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah (istock)

NOVA.id - Sejak pandemi Covid-19 muncul, bisa dibilang kehidupan masyarakat pun banyak berubah termasuk gaya hidup dan cara kerja.

Bahkan tak sedikit pula perusahaan yang hingga kini masih menerapkan work from home sejak pandemi Covid-19 dimulai dua tahun lalu.

Tentu, bekerja dari rumah tidak mengurangi produktivitas seseorang, terlebih sudah banyak tranformasi digital yang membantu karyawan memudahkan "bertemu" karyawan lainnya walau hanya sekadar bertatapan di layar.

Zoom Video Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) baru saja menyorot transformasi gaya kerja karyawan, khususnya di kawasan Asia Pasifik, dalam acara Work Transfomation Summit APAC.

Terdapat setidaknya tiga pilar utama dalam mendukung transformasi gaya kerja dalam sebuah organisasi, yang meliputi tempat kerja, bagaimana pekerjaan dilakukan, dan meningkatkan kualitas pengalaman kerja karyawan.

“Survei Work Reimagines yang dilakukan Ernst & Young tahun lalu mengungkapkan bahwa lebih dari separuh karyawan di Asia Pasifik akan berhenti dari pekerjaan mereka saat ini jika perusahaan tidak menawarkan fleksibilitas kerja pasca pandemi.

Jika kita mempertimbangkan waktu yang terbuang dan emosi yang tidak stabil akibat perjalanan ke dan dari tempat kerja, maka seharusnya tidak mengherankan apabila karyawan ingin mempertahankan fleksibilitas tersebut,” ujar Ricky Kapur, Head of APAC, Zoom.

Karyawan Zoom tumbuh dari 2.400 ke 6.100 orang sejak Februari 2020 ke December 2021 yang tersebar di lebih dari 35 negara, dengan 98% karyawan bekerja jarak jauh.

Pada kesempatan ini, Ricky juga memperkenalkan gaya kerja baru yang diterapkan Zoom kepada karyawan mereka, yakni Zoom Workstyles.

Baca Juga: Jangan Khawatir Pakai Aplikasi Zoom untuk Meeting, Berikut Panduan Aman Cara Menggunakannya

Masa depan gaya kerja di Zoom akan fokus pada kemampuan membentuk lingkungan kerja yang fleksibel bagi karyawan. Ketika situasi sudah aman untuk kembali bekerja di kantor, gaya kerja Zoom yang fokus pada karyawan akan berbentuk seperti berikut:

- Tatap muka: Karyawan dengan peran atau dipekerjakan untuk berada di kantor setiap hari, sebagaimana didefinisikan oleh peran dan tanggung jawab.