Disebut Bisa Digunakan untuk Sadap HP Pasangan, Socialspy WhatsApp Ternyata Aplikasi Berbahaya

By Alsabrina, Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:00 WIB
Socialspy WhatsApp ()

NOVA.id - Aplikasi cara menyadap WhatsApp saat ini banyak dicari pengguna WA untuk menyadap percakapan pasangan atau pengguna lain untuk alasan tertentu.

Meskipun hal ini dinilai tidak baik karena melanggar privasi seseorang, sebagian pengguna masih saja mencari berbagai aplikasi penyadap yang dinilai ampuh untuk mengintip percakapan orang lain.

Salah satu software yang disebut-sebut bisa menyadap chat WhatsApp adalah software SocialSpy WhatsApp.

Lantas apa itu SocialSpy WhatsApp? Apakah benar SocialSpy WhatsApp bisa digunakan untuk menyadap? Bagaimana risiko menggunakan SocialSpy WhatsApp?

Sebetulnya, informasi sahih seputar SocialSpy WhatsApp cukup minim.

Apabila mencarinya di Google, hasil pencarian akan mengarah ke sebuah tools yang disebut-sebut mampu mengecek atau mengintip riwayat percakapan pengguna WhatsApp yang ditargetkan.

Apabila mengeklik situsnya, hanya muncul laman yang menampilkan logo WhatsApp beserta cara menyadap WhatsApp pengguna lain.

Menurut tutorial yang dipaparkan, cara menyadap WhatsApp dimulai dengan memasukkan nomor ponsel target yang ingin disadap.

Kemudian, pengguna akan diminta melakukan verifikasi, agar bisa mengintip riwayat chatting akun WhatsApp target.

Baca Juga: WhatsApp Web Bermasalah? Coba Cara Ini untuk Bisa Buka di Laptop atau PC

Risiko scam

Proses verifikasi rupanya hanya kedok belaka. Menurut pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, SocialSpy WhatsApp sebenarnya hanya aplikasi scam atau penipuan.