Kampanye Sehangat Harapan Ibu, Buka Peluang Ikuti Program Bayi Tabung

By Maria Ermilinda Hayon, Senin, 6 Juni 2022 | 22:00 WIB
(Dari kiri ke kanan) Hamdan Dahlan, Commercial Director PT. Borden Eagle Indonesia; Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter; dr. Azhar Nurbahri, MD., General Manager Medical Business & Operations PT. Morula Indonesia, dalam acara Press Conference Telon Lang Plus, Alodokter, dan BMHS “SehangatHarapanIbu”, 2 Juni 2022. ()

NOVA.id – Memiliki buah hati setelah lama menikah pasti menjadi banyak keinginan pasangan suami istri.

Kehadiran satu anggota baru di dalam keluarga diyakini bisa membawa kebahagiaan dan kehangatan antar anggotanya.

Meski ada juga pasangan yang memilih childfree atau tidak ingin memiliki anak saat ini, namun data menunjukkan bahwa mayoritas pasangan di Indonesia masih memutuskan ingin memiliki anak setelah melalui tahap pernikahan, membentuk sebuah keluarga untuk mewujudkan relasi sosial dan konsep keluarga ideal.

Sayangnya tak semua pasangan bisa mendapatkan buah hati dengan segera karena masalah infertilitas atau ketidaksuburan.

Hasil survei dan data sensus penduduk, angka fertilitas dinamika kependudukan di Indonesia mengalami penurunan dari sebesar 2,6 per wanita pada periode Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002-2012 menjadi 2,4 anak pada SDKI 2017.

Menanggapi hal ini, Alodokter, Telon Lang Plus, dan Morula Indonesia yang merupakan bagian Bundamedik Healthcare System (BMHS) mengumumkan sebuah kampanye kolaborasi bertajuk #SehangatHarapanIbu guna menyemangati dan menginspirasi keluarga Indonesia yang masih belum mendapatkan buah hati untuk tetap berharap dan mencoba sepenuh hati.

Salah satu dukungannya yakni dengan memberikan peluang menggunakan teknologi in vitro fertilization (IVF) atau dikenal dengan bayi tabung.

Keuntungan utama dari program bayi tabung (IVF) adalah kemungkinan tercapainya kehamilan yang sukses dan kelahiran bayi yang lebih sehat.

Data tahun 2021 saja menunjukkan bahwa Morula Indonesia memiliki tingkat keberhasilan tertinggi hingga 72 persen.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Tanda Infertilitas pada Perempuan dan Laki-Laki

“Peluang kehamilan pada pasangan suami istri memang beragam, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan baik dari sisi suami ataupun istri. Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu faktor penting menjaga kesuburan. Program bayi tabung (IVF) saat ini menjadi alternatif utama untuk memiliki buah hati,” ungkap dr. Azhar Nurbahri, MD selaku General Manager Medical Business & Operations Morula Indonesia.