NOVA.id - Perkembangan teknologi digital mengubah perilaku belanja masyarakat. Kini, sebagian besar masyarakat memilih untuk berbelanja secara online karena dianggap lebih praktis. Selain itu, toko online menawarkan harga yang relatif lebih murah dan pilihan produk yang lebih beragam.
Sederet keunggulan itulah yang mendorong banyak brand menyediakan layanan belanja online, seperti yang dilakukan Bata. Demi memberi kemudahan aktivitas belanja, produsen alas kaki asal Ceko tersebut menghadirkan layanan belanja online melalui website www.bata.id.
Melalui situs web tersebut, pelanggan bisa membeli beragam koleksi sepatu, sandal, tas, dan aksesori, baik untuk pria, wanita, maupun anak-anak.
Country Manager Bata Indonesia, Ajay Ramachandran mengungkapkan, inovasi yang dilakukan Bata terinspirasi dari negara-negara di Eropa, di mana 25-30 persen dari bisnis alas kaki dilakukan secara digital.
Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Memilih Alas Kaki Anak yang Aman dan Nyaman untuk Dukung Aktivitasnya
“Untuk itu, Bata terus melakukan inovasi agar dapat memberikan para pelanggan kami pengalaman berbelanja secara digital yang mudah, menyenangkan, dan memberi keuntungan,” kata Ajay melalui keterangan resmi yang diterima NOVA.id, Jumat (10/6/2022).
Selain memberi pengalaman belanja yang lebih praktis, lanjut Ajay, Bata juga menghadirkan koleksi eksklusif yang tidak tersedia di toko offline Bata. Ada sekitar 20-25 persen dari produk-produk Bata yang hanya dijual di website Bata dan toko resmi Bata di e-commerce.
“Tidak hanya itu, berbelanja produk di website Bata lebih mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran, mulai dari pembayaran transfer melalui bank hingga pembayaran dengan kartu kredit dan e-wallet,” jelas Ajay.
Pelanggan juga bisa menikmati loyalty program dengan menjadi anggota Bata Club. Program tersebut memberikan berbagai keuntungan bagi para pelanggan setia Bata.
Pelanggan yang menjadi anggota Bata Club akan mendapatkan poin untuk setiap pembelian produk melalui melalui website Bata. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan menjadi potongan harga atau promo gratis ongkos kirim (ongkir).
Baca Juga: Tampil Gaya dan Trendi Saat Lebaran Tanpa Beli Baju Baru, Bisa Kok!
Menariknya lagi, selain melalui website dan platform e-commerce, pelanggan juga bisa melakukan pembelian secara online lewat Bata Chatshop di WhatsApp. Bata Chatshop dapat diakses melalui tautan bit.ly/chatshopbata, yang akan menghubungkan pelanggan dengan manajer Bata Chatshop untuk melakukan pemesanan.
Bata Chatshop juga menyediakan promo potongan biaya ongkir sebesar Rp 10.000 dengan minimal pembelian Rp 199.000, dan potongan Rp 25.000 dengan minimal belanja Rp 400.000.
Apabila mengalami kendala saat melakukan pemesanan, pelanggan bisa menghubungi customer service Bata lewat pesan WhatsApp di nomor (+62) 21-5086-4211 atau mengirimkan email ke id.customerservice@bata.com.
Seluruh toko Bata terhubung dalam satu platform
Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online, Bata juga melakukan inovasi digital untuk layanan pembelian di toko offline dengan menerapkan omnichannel platfrom.
Platform ini mengintegrasikan toko Bata di seluruh Indonesia dalam satu platform secara online. Tujuannya, untuk memudahkan pelanggan membeli produk yang diinginkan melalui toko offline Bata terdekat.
Baca Juga: Rayakan Tahun Baru Imlek, Bata Rilis Koleksi Sepatu dan Tas Spesial
“Saat ini, Bata menerapkan omnichannel platform menggunakan sistem Salesforce dan Oracle. Omnichannel platform diberlakukan di 200 toko Bata di seluruh Indonesia sehingga masyarakat Indonesia sampai ke kota-kota kecil dan pelosok dapat membeli produk Bata yang sesuai dengan keinginannya,” tambah Ajay.
Terkadang, pelanggan ingin membeli suatu produk, tetapi nomor atau warna yang diinginkan tidak tersedia di toko offline yang dikunjungi. Omnichannel platform bisa membantu pihak toko mengecek ketersediaan produk yang diinginkan pelanggan di toko-toko Bata lain di seluruh Indonesia.
Apabila produk tersebut tersedia di toko Bata lain, pelanggan tetap dapat melakukan pembelian di toko tersebut. Produk yang dipilih nantinya akan dikirim melalui bantuan jasa ekspedisi ke rumah pelanggan.
Tak hanya penyesuaian lewat inovasi digital, Bata juga melakukan penyesuaian koleksi alas kaki seiring aktivitas masyarakat di luar rumah kembali normal. Saat ini dan seterusnya, Bata akan fokus menyediakan produk-produk alas kaki formal yang dapat dikenakan pelanggan untuk pergi ke kantor, pesta pernikahan, dan acara formal lain.
Baca Juga: Begini Pentingnya Diet Sehat dan Seimbang Menurut Ahli Gizi Bersertifikasi
“Untuk pelanggan perempuan, Bata juga menghadirkan produk sepatu formal, lengkap dengan koleksi tas tangan yang senada. Selain itu, untuk mendukung minat dan kesadaran masyarakat yang semakin meningkat akan gaya hidup sehat, saat ini Bata juga fokus menyediakan walking shoes, running shoes, dan outdoor shoes,” ujar Ajay.
Sementara untuk kategori Bata Kids, Bata akan terus melanjutkan kerja sama dengan Marvell dan Disney untuk menghadirkan koleksi alas kaki yang lucu dan digemari oleh anak-anak.
Untuk mendapatkan informasi seputar koleksi terbaru dan program-program promosi dari Bata, follow akun Instagram resmi Bata @bataindonesia dan Facebook @BataIndonesia.