Banyak Jenis Penyakit Baru Merebak, Ini Cara Jaga Imun Tubuh di Musim Pancaroba  

By Fathia Yasmine, Kamis, 7 Juli 2022 | 10:11 WIB
Ilustrasi sakit (DOK. Shutterstock)

Nova.id – Memasuki pertengahan tahun, banyak wilayah di Indonesia mengalami peralihan dari musim panas ke musim hujan, atau dikenal dengan istilah musim pancaroba.

Musim ini biasanya ditandai dengan matahari yang lebih terik di siang hari. Sementara pada sore hingga malam hari, hujan mengguyur dengan deras.

Cuaca yang tidak menentu saat musim peralihan membuat banyak orang cenderung lebih mudah mengalami sakit seperti flu, batuk, sakit kepala, hingga masalah pada saluran pencernaan.

Dilansir dari Cleveland, menurunnya kondisi kesehatan terjadi karena cuaca dan suhu udara di musim peralihan membuat lingkungan menjadi lembap. Akibatnya, virus dan bakteri menjadi lebih mudah berkembang.

Baca Juga: Berita Terpopuler: Ruben Onsu Ditangani Beberapa Dokter Spesialis hingga Penjelasan Ending Money Heist Korea

Musim pancaroba juga membuat orang lebih sering berada di ruang tertutup seperti di dalam rumah atau kantor. Kondisi ini rentan meningkatkan risiko penularan penyakit dari satu orang ke orang lainnya.

Musim pancaroba di masa pandemi Covid-19 juga mengkhawatirkan karena berkembangnya sejumlah penyakit akibat infeksi virus. Belum lama ini, masyarakat dibuat khawatir oleh perkembangan virus corona varian Omicron, yakni Omicron BA.4 dan BA.5 yang juga kerap disebut Omicron Siluman.

Mengutip dari laman Instagram @pandemictalks, per Senin (27/6/2022), virus Omicron BA.4 telah ditemukan di 60 negara. Sementara itu, virus Omicron BA.5 telah ditemukan di 63 negara. Kedua sub-varian virus Omicron tersebut diperkirakan dapat menjadi pemicu meningkatnya kasus Covid-19 di sejumlah negara.

Belum lagi, saat ini juga ditemukan sejumlah infeksi penyakit selain Covid-19, seperti hepatitis akut pada anak, cacar monyet, flu singapura, serta penyakit kuku dan mulut.

Baca Juga: 4 Fakta Hwang Bo Ra, Aktris Korea Selatan yang akan Menikah dengan Kim Young Hoon

Apabila tidak pandai-pandai menjaga kesehatan, berbagai penyakit pun rentan menyerang. Nah, salah satu cara untuk menjaga imun tubuh adalah dengan memperbaiki pola makan. Berikut pola makan yang dapat Anda ikuti.

  1. Penuhi asupan cairan

Air memiliki peran penting bagi tubuh. Selain meredakan dahaga, mengonsumsi air putih juga bisa menjaga kelembapan kulit, serta menjaga sistem imun tubuh. Untuk itu, pastikan Sahabat NOVA selalu minum air putih sekitar delapan gelas atau dua liter per hari.