Hari Anak Nasional, Save The Children Dorong Pemenuhan Hak Anak di Tengah Krisis Iklim

By Ratih, Jumat, 22 Juli 2022 | 17:35 WIB
Salah satu kegiatan Save The Children untuk kurangi dampak krisis iklim yang berbahaya untuk anak. (Save The Children)

NOVA.id - Tanggal 23 Juli setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

Momentum ini tidak hanya sekedar perayaan hak-hak anak, tetapi juga menjadi waktu yang tepat untuk refleksi dan evaluasi tentang capaian dan tantangan upaya pemenuhan hak anak di Indonesia.  

Tema Hari Anak Nasional 2022, Anak Terlindungi, Indonesia Maju, juga menggambarkan tentang pentingnya upaya pemulihan pasca pandemi dan membangun ketangguhan anak.

Sejalan dengan tema HAN 2022, Save the Children Indonesia mendorong pentingnya pemenuhan hak-hak anak yang berfokus pada membangun ketahanan atau resiliensi anak dan keluarga.

Terutama mereka yang paling terdampak situasi buruk krisis iklim dan pandemi COVID-19.

Langkah ini dilakukan secara strategis dengan menyelenggarakan Pekan Berpihak Pada Anak yang dilaksanakan pada 22–28 Juli 2022.

Pekan Berpihak pada Anak adalah agenda tahunan Save the Children Indonesia untuk berbagi pembelajaran dan praktik baik dari berbagai tematik program.

Tema tahun ini adalah Membangun Generasi Muda Iklim yang mendorong pentingnya pemenuhan hak-hak anak dengan fokus pada pembangunan resiliensi atau ketahanan anak dan keluarga, terutama mereka yang paling terdampak situasi buruk krisis iklim dan pandemi COVID-19.

Melalui rangkaian acara sepanjang 22-28 Juli 2022, kami berupaya menyuarakan langkah-langkah adaptasi dan mitigasi yang telah dilakukan Save the Children Indonesia bersama para mitra, anak-anak, dan orang muda.

Baca Juga: Liburan ke Eropa, Keluarga Nana Mirdad dan Andrew White Terdampak Heat Waves

 

Terdapat diskusi dalam 8 sesi webinar, 4 talkshow di radio jaringan KBR, 1 diskusi media, dan 1 sesi live di Instagram pada link berikut: savethechildren.or.id/pekananak2022