Vaksin Covid-19 Keempat untuk Nakes Dimulai Hari Ini, Ahli Ungkap Manfaatnya

By Ratih, Jumat, 29 Juli 2022 | 10:26 WIB
(Ilustrasi) Vaksin booster kedua (iStockphoto)

NOVA.id - Vaksin keempat atau vaksin booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) dimulai Jumat, 29 Juli 2022 ini.

Hal ini sesuai surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/07).Surat edaran itu memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk nakes.

"Mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 (vaksinasi dosis keempat) bagi SDM (Sumber Daya Manusia) kesehatan," tulis Dirjen P2P Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, dilansir dari Kompas.com.

Vaksin tenaga kesehatan ini dilakukan dengan vaksin yang dapat persetujuan penggunaan darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemberian dosis keempat tersebut diizinkan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama dilakukan.

"Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan dan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19," ujar Maxi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut setidaknya akan ada 4 juta nakes yang mendapat suntikan keempat ini.

"Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun," ujarnya, seperti diberitakan NOVA, Kamis (28/07).

Baca Juga: Menteri Kesehatan Pastikan Vaksin Keempat untuk Tenaga Kesehatan dalam Waktu Dekat

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan bahwa vaksin Covid-19 keempat ini penting dilakukan.

Hal tersebut untuk memastikan layanan kesehatan masyarakat tidak terganggu dengan adanya nakes yang terlindungi pada saat situasi pandemi Covid-19.