Bisnis Tanaman Hias Naik, FLOII Hadir Jadi Forum Florikultura Terbaru

By Maria Ermilinda Hayon, Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:01 WIB
Ilustrasi Merawat Tanaman Hias (istock)

NOVA.id - Selama pandemi melanda banyak kegiatan baru yang kita lakukan, salah satunya membudidayakan hingga membuat bisnis tanaman hias.

Kegiatan bertanam tanaman hias memang cukup praktis dan efisien dilakukan di rumah, hingga membuka peluang bisnis tanaman hias.

Perlahan popularitas tanaman hias menanjak naik, bahkan bisa menghasilkan keuntungan dari adanya bisnis tanaman hias yang ikut menggeliat.

Apalagi, tanaman hias di Indonesia yang beragam juga menarik minat pasar mancanegara sehingga menjadi komoditas baru untuk ekspor.

Menurut Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, pertumbuhan budidaya tanaman hias atau florikultura (cabang ilmu hortikultura yang mempelajari tanaman hias sebagai bunga potong, daun potong, tanaman pot atau tanaman penghias taman) dalam dua dekade terakhir mencapai 12 persen, lebih tinggi dari komoditas tanaman obat, sayuran, dan buah-buahan.

Ragam kekayaan florikultura di Indonesia yang mencapai ribuan jenis membuat Indonesia menjadi salah satu pemasok florikultura untuk pasar internasional.

Indonesia berpeluang untuk memperkuat posisinya sebagai pemasok florikultura di dunia.

Namun, banyak tantangan yang harus dihadapi untuk menjamin keberlangsungan bisnis florikultura, seperti konservasi keanekaragaman hayati, praktik budidaya dan penanganan tanaman hias yang baik, personel yang kompeten, dan regulasi ekspor.

Oleh karena itu, Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) dikembangkan untuk memfasilitasi semua pihak yang berkepentingan untuk bekerja sama dalam mengembangkan kerangka kerja yang sesuai dalam membangun industri florikultura atau tanaman hias yang berkelanjutan di Indonesia.

Baca Juga: Coba Letakkan Tanaman Ini di Dalam Rumah, 4 Manfaat Tak Terduga Bakal Terjadi

FLOII mempromosikan dan mendukung praktik yang paling berkelanjutan, etis, terstandardisasi, dan modern dalam produksi dan pengelolaan tanaman hias; konservasi keanekaragaman hayati, tempat berkumpul untuk berbagi praktik dan inovasi berkelanjutan; etalase tanaman hias terlengkap di dunia; dan business matching dan transaksi perdagangan tanaman hias internasional.