Alaspadu, Hunian Terjangkau Kelas Pekerja Menengah yang Terhubung MRT Jakarta

By Ratih, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 14:01 WIB
Inisiasi co-living untuk kelas pekerja menengah jenama Alaspadu (MRT Jakarta)

NOVA.id - Hadirnya MRT Jakarta telah mengubah mobilitas warga Jakarta dengan segala kemudahan, kenyamanan, dan keamanannya.

Meski demikian, dampak meningkatnya nilai lahan dan properti yang berpotensi meningkatnya harga hunian, baik sewa maupun kepemilikan di sepanjang jalur MRT Jakarta tidak dapat dihindari.

Peningkatan harga ini tidak sebanding dengan pendapatan kelas pekerja menengah di Ibu Kota.

Oleh karena itu, MRT Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk hadir menyediakan hunian terjangkau di kawasan sekitar stasiun bagi masyarakat pekerja menengah Jakarta.

Hari ini, Jumat (19-8-2022), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menginisiasi hadirnya hunian terjangkau dengan jenama Alaspadu. Alaspadu merupakan hunian sewa co- living (kos) di dalam kawasan berorientasi transit yang mengakomodir kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah.

Penyediaan hunian sewa Alaspadu ini merupakan bagian dari program JAKHABITAT dalam memberikan solusi hunian di DKI Jakarta. 

Inisiasi hadirnya hunian terjangkau ini ditandai dengan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau, yaitu antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Co-Founder & CEO PT Rukita Bhinneka Indonesia Sabrina Soewatdy, dan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia Rizky Kusumo disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Mohamad Aprindy.

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta bahwa kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah, dan menengah. Dan yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi.

Maka kami berharap usaha akan tumbuh berkembang. Kemudian mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan Urban," jelas Gubernur Anies Baswedan.

"Oleh karena itu, saya mengundang kepada generasi baru Indonesia yang saat ini mulai meniti karir di Jakarta, yang mulai membangun masa depannya.

Mari bangun masa depan dengan lifestyle baru, dengan pola mobilitas baru yaitu mengandalkan kendaraan umum, mengandalkan jalan kaki. Sehingga ini merujuk pada kendaraan bebas emisi seperti sepeda dan di tempat-tempat yang dekat dengan kawasan pekerjaan," lanjutnya.

Penyediaan hunian ini, merupakan kerja sama kolaboratif antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dengan pihak swasta dalam membangun Jakarta yang berkelanjutan.