Profil Liz Truss, Perdana Menteri Inggris yang Gantikan Boris Johnson

By Ratih, Selasa, 6 September 2022 | 13:31 WIB
Liz Truss, Perdana Menteri Inggris yang baru (Forbes)

NOVA.id - Liz Truss secara resmi menggantikan Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris pada Senin (05/09) waktu setempat.

Ia memenangkan pemilihan ketua Partai Konservatif setelah mengalahkan Rishi Sunak, mantan Menteri Keuangan Inggris.

Dalam pemilihan ketua partai yang diikuti oleh para anggota Partai Konservatif, Truss mendapatkan 81.326 suara, sementara Sunak memperoleh 60.399 suara.

Melansir Kompas.com, berikut ini profil Liz Truss, salah satu politisi perempuan yang kini jadi sorotan:

Persinggungan Liz Truss dengan jabatan perdana menteri dimulai pada usia tujuh tahun, dengan memerankan Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya.

Margaret Thatcher adalah perdana menteri Inggris perempuan pertama.

Namun, tidak seperti sang perdana menteri yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, Liz Truss kalah dalam pemilihan tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, Truss mengenang momen itu.

"Saya menyabet kesempatan (untuk menjadi Thatcher) dan memberikan pidato dengan sungguh-sungguh saat kampanye, tapi berakhir dengan nol suara. Saya bahkan tidak memilih diri saya sendiri," kata dia.

39 tahun kemudian, Liz Truss menyabet kesempatan untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris.

Perempuan yang saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri itu berada di belakang mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak dalam lima putaran pemungutan suara oleh para anggota parlemen Partai Konservatif (Tory).

Baca Juga: Heboh Sutradara Diduga Lakukan Kekerasan pada Kru Perempuan, Ernest Prakasa Siap Bongkar Identitasnya