4 Tips Pintar Atur Uang Agar Finansial Keluarga Tetap Sehat Untuk Jangka Panjang

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 29 September 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi - membahas keuangan dengan pasangan (SDI Productions)

NOVA.id – Tahun 2022 tinggal 100 hari lagi! Dan sebentar lagi kita akan segera menyambut datangnya tahun baru 2023.

Meski tahun ini belum usai, apakah resolusi Sahabat NOVA sudah terealisasikan? Atau kesehatan finansial di tahun ini sudah tercapai?

Jika belum jangan khawatir, sebab akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk melakukan pengecekan keuangan keluarga secara menyeluruh agar di tahun berikutnya bisa lebih baik lagi.

Toh, sebagai menteri keuangan keluarga, detail mengenai kesehatan finansial keluarga tentu menjadi salah satu perhatian.

Jika sudah mulai melakukan pengelolaan keuangan atau baru akan memulai untuk dijalankan pada tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengecek kembali beberapa tips berikut agar manajemen finansial keluarga tetap sehat untuk jangka panjang. 

1. Evaluasi Skema Anggaran Keluarga

Memiliki skema anggaran keluarga akan memberikan lebih banyak kemudahan untuk mengkaji perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode tertentu, misalnya periode mingguan atau bulanan.

Biasanya, pengeluaran rutin dapat kita petakan dalam beberapa variabel utama, seperti biaya perumahan, air & listrik, transportasi, pendidikan, serta grosir atau kebutuhan belanja kebutuhan primer.

Agar semakin efisien jelang akhir tahun, coba petakan kembali persentase masing-masing pengeluaran beberapa bulan terakhir. Apakah ada yang dapat dikurangi porsinya, atau berpotensi akan meningkat pada tahun depan.

Baca Juga: Harga BBM Naik dan Gaji Mepet, Berikut 5 Tips Pintar Atur Uang agar Finansial Tetap Aman

Hitung juga rata-rata pengeluaran per bulan, dan pelajari pola pengeluaran di bulan tertentu yang lebih besar dari biasanya, misal di tahun ajaran baru anak, atau hari raya.

Jangan lupa, sisihkan anggaran untuk kebutuhan tiba-tiba misal pembaruan pajak, renovasi rumah, kegiatan ekstrakurikuler anak, serta agenda spesial keluarga misal liburan akhir tahun.