NOVA.id - Agar bisnis berjalan dengan optimal, kita tidak boleh melewatkan strategi marketing alias pemasaran.
Salah satu cara memasarkan bisnis yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan media sosial, seperti TikTok.
Indonesia tercatat sebagai negara dengan lebih dari 22 juta pengguna TikTok. Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri.
Popularitas TikTok yang kian naik terlebih di kalangan anak muda, juga dibahas oleh Nadya Caroline, Digital Marketing Instructor, dalam siniar CUAN episode “Strategi TikTok untuk Bisnis Memenangkan Pasar”.
Salah satu cara menambah pengikut dan memperluas brand awareness adalah dengan memunculkan bisnis di FYP (for your page).
Lalu, bagaimana cara agar masuk ke FYP (for your page) di TikTok sebagai sebuah merek, dengan persaingan ketat dan jumlah pengguna TikTok yang terus meningkat?
Melansir Kubbco, jika suatu konten bisa masuk FYP, berarti brand atau merek telah membuat konten yang beresonansi baik dengan target audiensnya.
Hal yang perlu diperhatikan dalam FYP adalah:
1. Eksposur
Menonton video di FYP adalah cara sebagian besar pengguna TikTok menemukan konten baru.
Jika kontennya bagus, algoritma akan merekomendasikannya ke lebih banyak orang. Hal ini merupakan eksposur yang luar biasa tanpa harus memerlukan banyak biaya untuk pengeluaran iklan.
Baca Juga: Ingin Konten TikTok Masuk FYP? Pakai Trik Ini Pasti Sukses Besar!
2. Pengakuan Bisnis
Setelah konten dibagikan kepada audiens yang lebih luas, pengikut baru dan calon pelanggan akan berdatangan.
Hal ini tentu akan meningkatkan pendapatan dan penjualan.
3. Ekspansi
Sorotan TikTok pada mereka juga dapat digunakan untuk memperluas ke platform lain.
Sehingga ini dapat menarik pengikut dan keterlibatan dari satu platform ke platform lainnya.
Lantas, bagaimana cara agar bisa masuk FYP TikTok?
Meski banyak pemengaruh yang mudah menjadikan kontennya masuk ke FYP, TikTok sebetulnya membutuhkan beberapa strategi agar konten kita masuk ke FYP orang lain.
Berikut adalah cara yang bisa digunakan.
1. Analisis Video Terbaik
Penting untuk mengetahui apa yang membuat video sukses di profil bisnis kita. Gunakan formula terbaik dan buatlah video serupa untuk mengembalikan profil bisnis ke jalur semula.
Baca Juga: Cara Mudah Bikin Konten TikTok Masuk FYP dan Viral, Coba 5 Trik Ini!
2. Sertakan Partisipasi Audiens
Meminta partisipasi audiens untuk membagikan konten bisa menjadi hal pertama yang menjadi fokus.
Selain menonton ulang, berbagai video membawa dampak signifikan pada metrik TikTok.
3. Raih Perhatian Audiens
Memulai video dengan memberi tahu audiens apa yang diharapkan di awal video, penting dilakukan jika ingin audiens tetap tinggal dan memperhatikan konten kita.
Sebab, mereka tetap menontonnya alih-alih melompatnya ke video yang lain.
Cara ini akan meningkatkan kinerja konten secara keseluruhan.
4. Gunakan Tagar yang Berbeda
Penggunaan tagar yang sama berulang kali tidak akan membuat konten kita terkenal lebih jauh.
Video akan ditampilkan ke grup yang sama, dan akan menghalangi peluang akun menjangkau audiens baru.
Mencampur hashtag atau tagar dapat menjadi alat yang ampuh untuk masuk ke FYP TikTok.
Baca Juga: Inspirasi Makeup Viral di TikTok, Bisa Digunakan Sehari-hari yang Aman dan Bisa Menjaga Kulit
5. Gunakan Musik yang sedang Tren
Meski konten dan musik tidak saling berkaitan, namun penggunaan musik tren bisa menjadi salah satu faktor sebuah konten masuk ke FYP TikTok.
Hal ini mengingat tagar trending hanya populer selama sekitar satu minggu.
Penggunaan yang terlalu lama mungkin tidak akan membantu konten yang sudah dibuat.
Sahabat NOVA bisa dengarkan episode “Strategi TikTok untuk Bisnis Memenangkan Pasar” melalui tautan berikut ini.
Selain itu, juga dapat mengikuti kabar terbaru seputar investasi atau finansial lainnya dalam siniar CUAN (Cari Untung Bareng Teman) melalui Spotify.
Baca Juga: Pebisnis, Ini 5 Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA, setiap Kamis siang.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Strategi agar Bisnis Dilirik Pasar lewat TikTok.