Busana Tenun Hasil Karya Pelajar SMK Mencuri Perhatian di JFW 2023

By Made Mardiani Kardha, Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:06 WIB
Busana Tenun Hasil Karya Pelajar SMK Mencuri Perhatian di JFW 2023. (JFW)

NOVA.id - Setelah 2 tahun digelar secara daring, Jakarta Fashion Week atau JFW 2023 digelar secara luring. Kali ini berlokasi di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.

Mengambil tema Fashion Reformation, ada 116 label perancang mode nasional dan internasional yang memeriahkan perhelatan JFW 2023 ini.

Tak hanya desainer profesional yang bisa tampil di ajang fashion bergengsi JFW 2023 kali ini. Salah satu yang mencuri perhatian adalah siswa-siswi SMK yang turut memamerkan busana hasil karyanya yang menggunakan material kain tenun NTT, di hari ke-5, 28 Oktober.

Ya, dari 116 label perancang mode yang tampil, salah satunya, yaitu dekranasda NTT, menggandeng murid-murid SMK jurusan Fashion dan Textile se-Nusa Tenggara Timur.

Mereka dibimbing oleh tiga desainer nasional dari luar NTT yang sudah lebih dulu malang melintang, yaitu Defrico Audy, Maya Ratih, dan Temma Prasetio.

Keterlibatan para pelajar SMK ini bertujuan memberi kesempatan pada siswa dan siswi untuk memperkenalkan karyanya di ajang bergengsi.

Tentunya diharapkan bisa menarik lebih banyak anak muda NTT agar tertarik untuk berkarya dan memperkenalkan ragam motif tenun NTT di ajang nasional maupun internasional.

Mengusung tema “Harmony of Nusa”, di ajang JFW 2023 ini dekranasda NTT mengangkat keunikan motif tenun yang memakai pewarna alami dan telah didaftarkan sebagai indikasi geografis.

Di tangan para desainer ini, tenun tidak tampil sebagai busana tradisional, melainkan busana bergaya modern yang unik, elegan, dan anggun.

Baca Juga: Lazada Hadirkan Fashion of The Next Normal di Panggung Jakarta Fashion Week 2023

Inilah ketiga desainer yang membimbing para pelajar SMK.