Berkat Dukungan PNM, Pengrajin Kaca Tiup di Bali Bisa Ekspor Kerajinannya hingga ke Eropa

By Annisa Octaviana, Kamis, 3 November 2022 | 18:26 WIB
I Gede Rediawan, pengrajin kaca tiup di Gianyar, Bali. (Annisa Octaviana/NOVA)

NOVA.id – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus melakukan pemberdayaan dan pendampingan pada nasabahnya melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

PKU mencakup tiga tahapan yaitu literasi keuangan, literasi pengembangan usaha, dan literasi digital.

I Gede Rediawan, seorang pengrajin kaca tiup di Gianyar, Bali, sudah memanfaatkan program PKU. Usaha kaca tiup milik Gede telah dibantu oleh PNM selama 15 tahun.

Gede mampu mengekspor produk kaca tiupnya hingga ke negara tetangga seperti Malaysia, bahkan ke negara-negara lain seperti Jepang, Australia, hingga ke Benua Eropa.

Omzet penjualan dari usaha kaca tiup bisa mencapai Rp300 juta per bulannya.

Namun sebelum usahanya bisa sesukses sekarang ini, banyak rintangan yang dilewati Gede. Pertemuannya dengan PNM membuka peluang bagi usaha kaca tiup milik Gede.

PNM memberikan modal awal sebanyak Rp50 juta. Modal tersebut digunakannya untuk membangun gubukan kecil sebagai pabrik.

“Ide kaca tiup awalnya dari orang Jepang. Tapi mereka tidak punya variasi kayunya. Kalau kami kan basic memang di kayu. Kaca tiup yang mereka punya itu ada hak ciptanya. Jadi saya minta izin untuk menambahkan variasi kayu. Mereka izinkan,” ucap I Gede saat ditemui NOVA di pabrik kaca tiup miliknya.

Sebagai informasi, kerajinan kaca tiup ini dibuat dari limbah peacahan kaca dan kayu bakar bekas yang Gede peroleh dari berbagai tempat. Limbah kaca tersebut dibeli dengan harga Rp1.000 per kilogram.

Seorang pengrajin sedang membentuk kaca yang sudah dileburkan dengan cara ditiup. (Annisa Octaviana/NOVA)

Baca Juga: Kisah Sukses Pelaku UMKM Furniture Kayu, Kini Berdayakan Warga Sekitar Sebagai Karyawan