NOVA.id – Sebagai upaya memberdayakan pengrajin perempuan dan petani di desa, SukkhaCitta resmi membuka toko pertamanya di pusat perbelanjaan ASHTA, Jakarta Selatan.
SukkhaCitta menggunakan mode untuk menciptakan perubahan signifikan di desa-desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, SukkhaCitta juga secara konsisten berupaya menciptakan dampak positif kepada manusia dan bumi.
Salah satu upaya nyatanya adalah melalui perolehan sertifikasi B Corp dari organisasi nirlaba B Lab pada tahun 2022 ini.
Sertifikasi B Corp hanya diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki standar tertinggi dan kekuatan untuk mendorong perubahan positif dalam bidang sosial dan lingkungan, dengan menerapkan transparansi publik, akuntabilitas hukum, serta memiliki tanggung jawab dalam menyeimbangkan tujuan sosial dan laba.
Dalam peraihan sertifikasi B Corp, SukkhaCitta mencatat skor yang cukup signifikan yaitu 95.3, dari skor pada umumnya senilai 50.9. Selain itu, SukkhaCitta juga turut mendapatkan penghargaan B Corp Best For The World kategori komunitas dengan skor 5% teratas dari kategori komunitas.
“Sejak SukkhaCitta didirikan, kami ingin menunjukkan bahwa praktik pada industri fesyen yang berbeda itu sangat memungkinkan, perubahan yang menciptakan peluang bagi perempuan pengrajin dan petani di tempat mereka berada serta merawat bumi di saat yang bersamaan," ujar Denica Riadini-Flesch, Founder dan CEO SukkhaCitta.
Adapun public figure Marsha Timothy juga turut mengapresiasi upaya SukkhaCitta sebagai brand fesyen pertama yang mendapatkan sertifikasi B-Corp di Indonesia.
“Saya senantiasa mendukung SukkhaCitta karena saya percaya tiap produk SukkhaCitta memiliki nilai tambah dan manfaat kepada manusia dan alam. Jadi bukan cuma sekedar fesyen, dan saya ingin menjadi bagian dari itu,” ucap Marsha.
Sebelumnya, SukkhaCitta mengadakan pameran edukasi untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan pemberdayaan perempuan di desa kepada publik yang bertajuk KAPAS pada April 2022.
Baca Juga: Lokasi Pembagian Set Top Box (STB) Gratis di Jabodetabek, Cek Nama Penerima di Sini!
Pameran tersebut berhasil menarik minat sebanyak 20.000-30.000 pengunjung serta diliput oleh 40 lebih media di Indonesia dan Singapura.