NOVA.id - Brand fashion Indonesia yang mendunia ini, berangkat dari lima perempuan kreatif dengan berbagai profesi yang ingin membuat sebuah karya. Kebetulan mereka tinggal di Singapura dan saat pandemi hanya boleh bertemu berlima, sehingga muncullah ide tersebut.
Adalah Laila Azra, Devi Asmarasi, Nazli Basuki, Natasya Mahidi, dan Fransisca Siregar, yang pada Oktober 2021 lalu berhasil mewujudkan keinginan tersebut dengan membentuk Elima, sebuah brand fashion ready to wear.
“Daripada kita cuma ngumpul-ngumpul enggak jelas, ya kita bikin Elima ini,” kata Laila. Kebetulan Laila sendiri sudah memiliki brand fashion bernama Studio A, dengan ciri lukisan pada busananya.
Elima bisa terbangun karena adanya kesamaan nilai yang dianut oleh kelima perempuan ini.
“Kita, kan, lima-limanya ibu-ibu, ya. Badan sudah tidak sempurna. Jadi penginnya, kayak aku bisa pakai semua. Jadi cocok dipakai sama real women real bodies,” jelas Laila.
Kata "Elima" sendiri diambil dari bahasa Hawai yang berarti lima.
Melenggang di Paris
Walaupun terbilang baru, Elima sudah menunjukkan giginya sebagai fashion Indonesia yang mendunia. Koleksi kedua, yang diberi tajuk “Nusantara” sudah tampil di fashion show Paris, bersamaan dengan Paris Fashion Week pada April 2022 lalu.
Awalnya mereka tidak melibatkan fashion designer. Namun saat ingin berangkat ke Paris inilah mereka merasa perlu ada desainer yang dapat mewujudkan ide-ide mereka ke dalam teknik pembuatan busana yang lebih profesional. Karena itu mereka menggandeng Wilsen Willim, seorang fashion designer.
Koleksi busana yang sudah tampil di Paris itu, diperkenalkan di Tanah Air melalui peragaan busana yang dilangsungkan pada 2 November 2022 lalu, berlokasi di Leon Goldstein, Jakarta Selatan.
Baca Juga: Menilik Brand Lokal yang Penuh Inspirasi hingga Berhasil Tampil di Paris dengan Memperkenalkan Tenun