NOVA.id - Stylo Indonesia by Grid Network Kompas Gramedia menjadi satu-satunya media fashion beauty di Indonesia yang memiliki brand ambassador bernama StyloBebs.
Bersamaan dengan Stylovers Community, StyloBebs Ambassador juga termasuk ke dalam komunitas yang dinaungi oleh Stylo Indonesia.
Meski terlihat sama, pada dasarnya StyloBebs Ambassador berbeda dengan Stylovers Community; audiens Stylo Indonesia yang selalu setia untuk mendukung konten-konten hingga events yang diadakan oleh Stylo.
Sebagai gebrakan baru media media fashion beauty di Indonesia, sejak tahun 2019 Stylo Indonesia telah sukses menyelenggarakan pemilihan StyloBebs Ambassador hingga Batch 4.
Saat ini Stylo Indonesia telah merekrut perempuan bertalenta dengan total 75 orang sebagai StyloBebs Ambassador.
StyloBebs Ambassador
StyloBebs Ambassador adalah Brand Ambassador Stylo Indonesia yang terdiri dari micro dan nano influencer di bidang fashion, beauty and lifestyle.
Anggotanya berupa perempuan milenial dengan segudang talenta dan punya minat serta ketertarikan terhadap pengembangan personal branding terutama di bidang fashion dan beauty.
Melalui StyloBebs Ambassador, Stylo Indonesia sebagai media khusus fashion dan beauty, secara nyata menunjukkan gebrakan baru; hadir bukan sekadar untuk menyajikan informasi melainkan juga wadah untuk pembaca setianya.
Uniknya, berbeda dengan standar ambassador pada umumnya yang memprioritaskan penilaian fisik yang cantik, Stylo Indonesia sangat berfokus pada talenta bukan sekedar fisik saja.
Hal ini sejalan dengan tagline Stylo Indonesia, yakni #SemuaBisaCantik.
Baca Juga: Bantu Kaum Hawa Miliki Kulit Bersih dan Sehat, Raddyn Resmikan Toko Perdana di Pos Bloc
"Tujuan StyloBebs adalah ingin memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan milenial Indonesia di mana pun berada, siapa pun mereka, apa pun bentuk fisiknya, dengan latar belakang yang berbeda pula, untuk dapat mengembangkan minat dan kreativitasnya di dunia fashion, makeup dan media sosial sebagai influencer," ungkap Idho Nugroho, M.I.Kom, Founder dan Head Stylo Indonesia sekaligus Chief Community StyloBebs.
Perbedaan StyloBebs Ambassador dan Stylovers Community
Meski sama-sama tergolong dalam komunitas di bawah naungan Stylo Indonesia, terdapat perbedaan yang jelas antara StyloBebs Ambassador dan Stylovers Community.
Menjadi bagian dari Stylovers Community tidak dibutuhkan seleksi apa pun, cukup mengisi form saja dan nantinya akan diundang untuk bergabung dalam WA Group.
Fokus Stylovers Communtiy yakni wadah sharing audiens setia konten Stylo Indonesia yang pastinya pencinta fashion beauty, yang selalu memberikan support pada Stylo Indonesia misalnya berupa event, giveaway, challenge, dan lainnya.
Sedangkan untuk menjadi bagian dari StyloBebs Ambassador perlu melewati rangkaian seleksi ketat yang melibatkan beberapa expert di bidang tertentu.
Selama 1 tahun menjadi StyloBebs Ambassador akan dibimbing dan diwadahi oleh Stylo Indonesia sekaligus bekerja sama dengan instansi dan pakar profesional di bidang fashion dan beauty.
“Inisiatif StyloBebs sedari awal Stylo Indonesia dibentuk pada 13 Agustus 2019 memang tidak hanya sekadar menjadi sebuah komunitas kecantikan saja. StyloBebs menjadi keluarga sekaligus brand representatif dari Stylo Indonesia.
Itu sebabnya, para finalis sekaligus StyloBebs terpilih akan diberikan pembekalan akademis maupun soft skill dalam bentuk workshop edukatif selama setahun penuh bersama instansi resmi beserta pakar profesional di bidang kecantikan dan fashion,” jelas Idho Nugroho, M.I.Kom, Founder dan Head Stylo Indonesia sekaligus Chief Community StyloBebs.
Berangkat dari rasa ketidakpuasan hanya dengan menyajikan informasi terkini seputar fashion dan beauty untuk Stylovers; sapaan akrab bagi audiens loyal Stylo Indonesia.
Stylo berinisiatif menjadi wadah bagi para fashion and beauty enthusiast untuk mengembangkan minat sekaligus menuangkan kreativitasnya di dunia digital sebagai KOL (Key Opinion Leader) serta Beauty Influencer muda.
Stylobebs menjadi nama dari program yang dipilih oleh Stylo Indonesia untuk mengumpulkan sekaligus menciptakan talenta baru dalam dunia influencer fashion dan beauty dengan rentang usia produktif atau muda, baik yang telah memiliki pengalaman atau pun tidak sama sekali.
Sejak digelar pada tahun 2019 saat memperingati satu tahun berdirinya Stylo Indonesia, StyloBebs Ambassador menerima antusias yang tinggi dan perhatian yang lebih.
Baca Juga: Baru Tayang! Ini Sinopsis Drama Serial First Love di Netflix, Cinta Pertama Bersemi Kembali
Kegiatan dan Keuntungan StyloBebs Ambassador
Kegiatan yang diadakan oleh Stylo Indonesia sejauh ini selalu bertujuan untuk mengembangkan soft skill dan hard sklii StyloBebs Ambassador terutama dalam membangun personal branding sebagai brand representatif Stylo Indonesia.
Kegiatan yang sudah terlaksana beberapa di antaranya yaitu berupa event offline dan online.
Kegiatan online seperti StyloBebs Smart Discussion; workshop dan webinar mengenai fashion dan beauty seperti catwalk and body posture, mix and match fashion, makeup.
Untuk kegiatan offline seperti fashion show, workshop berkain, makeup class, dan lainnya, hingga review product bekerjasama dengan brand komersial.
Berbicara tentang keuntungan atau hal istimewa apa saja yang akan didapatkan sebagai StyloBebs Ambassador, berikut jabarannya:
- Profil StyloBebs Ambassador akan disorot dan dipublikasikan di media Stylo Indonesia;
- Mendapatkan produk dari brand fashion, beauty and lifestyle secara gratis untuk direview - serta mendapatkan akses eksklusif untuk event-event brand tersebut;
- Voucher gratis seperti perawatan dan belanja hingga potongan harga;
- Talent atau co-host untuk kebutuhan syuting di studio/liputan/event bareng tim Fashion and Beauty Stylist Stylo Indonesia;
- Review produk skincare atau makeup terbaru;
- Kerjasama konten berbayar dengan brand komersial;
- Mendapatkan pelatihan yang diadakan Stylo Indonesia untuk menambah pengalaman dan wawasan baru seputar dunia fashion and beauty;
- Networking dengan para sesama pencinta fashion, beauty and lifestyle;
- Networking luas dengan brand fashion, beauty and lifestyle;
- Mendapatkan pengalaman serta materi pembelajaran melalui kelas-kelas pengembangan diri dan keahlian yang diadakan oleh Stylo Indonesia;
- Berhak mendapatkan sertifikasi apresiasi;
- Menjadi bagian dari komunitas Stylo Indonesia dan menjadi prioritas setiap event Stylo Indonesia; dan masih banyak lagi.
Baca Juga: Program Simply Recycle Challenge Berhasil Mendaur Ulang 700 Ribu Lebih Kemasan Produk
Kerjasama StyloBebs Ambassador dengan Brand Komersial
Tidak dapat dipungkiri, StyloBebs Ambassador yang telah berlangsung selama 4 Batch kerap dilirik oleh brand komersial sebagai talent untuk konten fashion dan beauty.
Untuk brand fashion, StyloBebs Ambassador telah bekerjasama dengan Ka.nya Official, Elzatta, ESMOD, Irrestible Bazaar dan lainnya.
Untuk brand beauty, StyloBebs Ambassador telah bekerjasama dalam bentuk konten review berbayar dengan Wonderly, Viva, YOU, hingga Inez.
Di luar hal tersebut, beberapa brand komersial fashion dan beauty juga kerap memberikan dukungan kepada pelaksanaan segala kegiatan StyloBebs Ambassador.
Persyaratan dan Cara Menjadi StyloBebs Ambasssador
Tanpa batasan standar kecantikan tertentu, StyloBebs Ambassador memiliki kriteria persyaratan sebagai berikut:
- Berusia 15-30 tahun;
- Fashion and beauty enthusiast dan rutin membuat konten kreatif dan menarik seputar fashion, beauty and lifestyle;
- Berprilaku baik, percaya diri, aktif, energik, menebarkan positive vibes, dan mau belajar;
- Aktif di media sosial seperti Instagram atau TikTok.
- Apabila memenuhi syarat, peserta dapat langsung mengisi data diri di form yang telah disediakan dan mengikuti semua rangkaian seleksi berupa seleksi berkas atau data diri, konten makeup, foto ootd, dan final. (*)