Mengenal Lebih Detail Mengenai Affiliate hingga Cara Menghasilkan Uangnya

By Widyastuti, Rabu, 30 November 2022 | 14:11 WIB
Affiliate marketing ialah salah satu teknik pemasaran yang kini digunakan beberapa e-commerce di Indonesia. (stanciuc)

NOVA.id - Kemajuan teknologi yang berkembang pesat dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan penghasilan. Bahkan tanpa menggunakan modal, maka Sahabat NOVA bisa menghasilkan passive income melalui program affiliate.

Apa itu affiliate marketing? Afiliasi pemasaran adalah proses di mana kamu mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi.

Tugas kamu hanyalah mencari produk yang disukai orang, kemudian mempromosikan produk tersebut dan mendapat untung dari setiap penjualan yang terjadi.

Bagaimana cara kerja affiliate marketing. Agar program affiliate ini berfungsi maka setidaknya harus ada 3 unsur dalam program affiliate, di antaranya :

- Penjual atau pembuat produk

- Affiliator

- Konsumen

Mari Sahabat NOVA simak 3 area ini untuk memahami peran dan fungsi masing-masing dalam dunia pemasaran:

Baca Juga: Dukung Penuh Keunikan yang Dimiliki Setiap Perempuan, Brand Lokal Ini Gandeng Influencer untuk Gelar Fashion Show

1. Produsen produk

Pembuat produk merupakan perusahaan bisa dalam bentuk usaha kecil seperti UMKM atau perusahaan besar, mereka adalah grosir, pengecer, atau produsen produk. Produk dapat berupa barang fisik, seperti furnitur, atau layanan seperti AC, toilet, dan lain-lain.

Pengusaha atau orang yang sering disebut pemilik merek tidak perlu aktif dalam pemasaran, pengusaha sering melakukan pemasaran melalui periklanan dan menggunakan affiliate marketing. Misalnya, untuk menjangkau konsumen, pengusaha mendistribusikan iklan, peluang iklan, atau situs web afiliasi berbayar untuk mempromosikan produk mereka.