Ahli Bagikan Tips Gaya Hidup Sehat di Tengah Aktivitas Padat, Ini Kuncinya

By Ratih, Rabu, 21 Desember 2022 | 08:02 WIB
Ilustrasi gizi seimbang (iStockphoto)

NOVA.id - Bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena alasan kesibukan. 

Di era sekarang ini para pekerja di berbagai sektor selalu dituntut untuk memberikan performa sebaik mungkin walaupun pandemi COVID-19 belum sepenuhnya reda.

Ahli Gizi Dokter Rita Ramayulis memaparkan mengenai pentingnya memperhatikan asupan gizi yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Penerapan pedoman gizi seimbang merupakan kunci pola makan yang sehat."

"Ini berarti makanan sumber karbohidrat, buah dan sayuran, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai perlu dikonsumsi."

"Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang menyehatkan dan selalu ingat untuk membatasi makanan tinggi gula, kalori, dan lemak trans yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan," paparnya di Online Media Workshop 'Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi yang Sibuk Bekerja', Senin (19/12).

Pedoman gizi seimbang diilustrasikan dengan isi piringku yang befungsi untuk mengatasi kegemukan dan gangguan metabolik.

Isinya antara lain, sayur terdiri dari setengah bagian dari piring makan, 2/3 dari setengah bagian bawah piring makan diisi dengan lauk pauk lemak rendah atau sedang.

Lalu 1/3 dari setengah bagian bawah piring makan diisi dengan makanan pokok yang lebih berserat dan berindeks glikemik rendah.

Untuk konsumsi gula, sebaiknya dikonsumsi maksimal 26 gram alias dua sendok makan setiap hari.

Untuk itu, cermati kandungan gula pada label setiap makanan dan hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. 

Baca Juga: Cegah Anemia pada Anak dan Ibu Hamil, Ini Peran Penting Umami dalam Perbaikan Gizi